Prosedur

Antisipasi Karhutla, Kapolda Kalsel: Kami siapkan aplikasi Bekantan dan Pesawat Drone Pemantau Titik Api


Saat ini, wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terpantau belum ada titik api, meskipun terjadi cuaca ekstrem suhu panas tinggi namun hujan juga masih terjadi.

Hal itu dikatakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. usai Apel Kesiapan Penanganan Karhutla dan Peringatan HKB Provinsi Kalsel Tahun 2023 bertempat di Lapangan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Cindai Alus Martapura Kabupaten Banjar, Rabu (03/05/2023) pukul 16.00 Wita.

Hujan yang sering terjadi, menurut Irjen Pol Andi Rian Djajadi merupakan kondisi alam yang sangat membantu sehingga situasi di Kalimantan Selatan masih terkendali.

Untuk memonitor titik api disejumlah wilayah, Polda Kalsel menggunakan aplikasi Bekantan dan pesawat drone milik Direktorat Samapta Polda Kalsel yang mempunyai kemampuan jarak terbang radius 50 kilometer.

Kapolda menerangkan, pihaknya akan lebih dahulu memantau titik api menggunakan aplikasi Bekantan Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel, setelah titik api diketahui barulah pesawat drone diterbangkan untuk melihat langsung titik api atau ada hal lainnya yang terjadi.

Sebab, lanjut Kapolda Kalsel, dalam beberapa kejadian terpantau di aplikasi seolah-olah titik api namun saat dilakukan pengecekan ternyata hanya atap seng rumah.

Upaya pencegahan sendiri yakni dengan melakukan koordinasi dengan unsur Forkopimda terkait seperti BPBD dan TNI untuk memantau di masing masing wilayah kerjanya.

Dalam Apel Kesiapan Penanganan Karhutla ini, turut hadir Gubernur Kalsel, Kapolda Kalsel, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsuddin Noor, Kabinda Kalsel, Kajati Kalsel, Kasrem Korem 101/Antasari, Karo Ops Polda Kalsel, Dir Samapta Polda Kalsel, Dansat Brimob Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru, Kapolres Banjar, dan Kapolres Batola.


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Tidak ada komentar