Prosedur

504 Putra Putri Kalsel Lulus Bintara dan Akpol Tahun 2022-2023


Irwasda Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K. memimpin Sidang Kelulusan Akhir Taruna Taruni Akpol, Bintara Polri Gelombang II TA.2022 dan Bintara Polri Gelombang I TA.2023.

Sidang tersebut berpusat di Aula Rupatama Mapolda Kalsel dan diikuti para peserta secara zoom meeting dari Gedung Candra Banjarmasin, Sabtu (2/7/2022) pukul 14.00 Wita.

Dalam kesempatan itu nampak hadir Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol M. Arif Sugiarto, S.I.K., M.P.P., Kabid Propam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djaka Suprihanta, S.H., M.Hum., para Kabag Ro SDM Polda Kalsel, Pengawas Internal dan Eksternal, peserta seleksi Taruna/i Akpol dan Bintara Polri.

Menariknya, selain memotivasi para peserta yang dinyatakan lulus terpilih, Irwasda Polda Kalsel juga menyemangati para peserta yang gagal agar tidak patah semangat.

“Jangan patah semangat, tetap berusaha, berlatih, agar semoga kedepannya dapat berhasil menjadi anggota Polri,” pinta Irwasda kepada para peserta yang tidak terpilih.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. dalam amanatnya yang dibacakan Irwasda Polda Kalsel menyampaikan sebelum seleksi dimulai Panitiadan Peserta sudah berkomitmen dan berjanji untuk tidak melakukan kolusi serta nepotisme melalui pakta integritas dan pengambilan sumpah.

Tahapan seleksi yang sudah berjalan, kata Kapolda, telah sesuai dengan ketentuan dan norma seleksi dari Panitia pusat. Di mana, setiap tahapan seleksi para Peserta mengetahui secara langsung hasil atau nilai yang telah diperoleh.

Menurutnya, seluruh tahapan seleksi dilakukan dengan pengawasan yang ketat oleh pengawas internal maupun eksternal.

Kepada para peserta seleksi yang dinyatakan lulus, Kapolda menyampaikan beberapa pesan untuk dipedomani.

Diantaranya selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Dengan senantiasa beribadah dan berdoa agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai.

Kapolda mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan dengan mentaati protokol kesehatan. “Persiapkan fisik dan mental untuk menghadapi pendidikan bagi peserta yang lulus Gelombang II Tahun 2022,” ingatnya.

Bagi yang masuk Gelombang I Tahun 2023, Kapolda meminta agar tetap menjaga perilaku dan protokol kesehatan, sehingga tidak menjadi penghalang untuk nantinya mengikuti pendidikan.

“Tingkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran selama mengikuti seleksi tingkat pusat dan pendidikan pembentukan Bintara Polri,” pintanya.

Kapolda berharap agar dapat menjadi anggota Polri yang memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap setiap tugas yang diberikan.

“Juga selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas sebagai pemeliharaan Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom, serta pelayan masyarakat yang mahir dan patuh hukum, guna mewujudkan Polri yang Presisi,” harapnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol M. Arif Sugiarto, S.I.K., M.P.P. melalui Kabag Dalpers Ro SDM Polda Kalsel AKBP Moh. Zamroni, S.I.K. dalam laporan hasil kelulusan menyampaikan, jumlah peserta Akpol yang Lulus terpilih sebanyak 10 orang terdiri dari 8 Catar Taruna dan 2 Catar Taruni.

Sementara siswa Bintara Polri yang dinyatakan Lulus terpilih sebanyak 494 orang, yang terdiri dari Bintara PTU Pria 407 orang, Bintara PTU Wanita 22 orang, Bintara Brimob 17 orang, Bakomsus TI Pria 7 orang, Bakomsus TI Wanita 1 orang, Bakomsus Logistik Pria 2 orang, Bakomsus Logistik Wanita 1 orang.

Kemudian Bakomsus Labfor Pria 6 orang, Bakomsus Nakes Pria 7 orang, Bakomsus Nakes Wanita 4 orang, Bakomsus Polair 1 orang, Bintara Rekpro Pria 15 orang dan Bintara Rekpro Wanita 4 orang.


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

1 komentar: