Prosedur

Seleksi Penerimaan Anggota Polri, Polda Kalsel Gelar Pemeriksaan Kesehatan


Tahapan seleksi penerimaan Polri Terpadu Tahun 2021 di Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) tahap I. Pelaksanaan pemeriksaan dipusatkan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Kamis (22/4/2021) pukul 08.00 Wita.

Dalam pelaksanaanya, dari 164 orang peserta asal pengiriman Polresta Banjarmasin dan Polres Balangan, 67 orang peserta dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat.

Pemeriksaan kesehatan para peserta calon anggota Polri atau kerap disebut Casis (Calon siswa) Polri ini pun dipantau langsung oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Dr. Heri Armanto Sutikno, S.H., M.Si. didampingi Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah.

Kabid Dokkes mengatakan sebelum memasuki ruangan seleksi, para peserta seleksi terlebih dahulu wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memasuki Bilik Antiseptik, Pengecekan suhu tubuh, Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak.

Adapun pemeriksaan peserta seleksi meliputi Pengukuran tinggi dan berat badan, Pemeriksaan visus mata, buta warna, fisik, tensi, nadi, THT, dan Pemeriksaan gigi, yang ditangani langsung oleh Tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalsel.

Tahapan pemeriksaan kesehatan ini mendapat pengawasan ketat oleh Tim Pengawas Internal Itwasda dan Bid Propam, serta Tim Pengawas Eksternal.

Hal ini untuk mengklarifikasi agar supaya setiap event pelaksanaan kegiatan berjalan Clean and clear, untuk lebih terbukanya pelaksanaan kegiatan setiap event, bukan hanya di Rikkes saja, nanti juga pada saat Tes psikologi dan tes lainnya dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) sebagai wujud menuju Polri yang Presisi.


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Tidak ada komentar