Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

COMMANDER WISH KAPOLRI (KLIK UNTUK ZOOM)

YOUTUBE OFFICIAL CHANNEL

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Ikuti Zoom Meeting Rakorsus Kahutla 2021 Pimpinan Menkopolhukam RI

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 10 Februari 2021


Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), TNI, POLRI, Kementerian/Lembaga lainnya dan Pemerintah Daerah, menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat Menteri, terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang berlangsung di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Rakorsus ini juga turut diikuti Polda Kalsel melalui zoom meeting di Aula Kediaman Kapolda Kalsel dengan dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. didampingi Karo Ops Polda Kalsel, Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Direktur Samapta Polda Kalsel dan Dansat Brimob Polda Kalsel.

Pada kesempatan tersebut, Menkopolhukam Mahfud MD memberikan evaluasi dan arahan langsung kepada seluruh jajaran Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah.

“Dari pengalaman penanganan Karhutla sejak tahun 2015, mengharuskan untuk lebih baik dan sistematis serta melakukan inovasi-inovasi, terobosan, langkah-langkah kebijakan yang mempercepat atau mempermudah upaya pencegahan Karhutla,” kata Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.

Dalam arahannya, Mahfud menyampaikan sejak tahun 2016 setiap awal tahun Presiden RI memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan bertempat di Istana Negara.

Adapun pokok-pokok arahannya yaitu pertama prioritaskan pencegahan yakni dengan pola deteksi dini hotspots dan firespots, monitoring rutin dan meningkatkan frekuensi patroli dan pemeriksaan lapangan. Kedua, penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi.

Ketiga, pengendalian dan pemadaman segera setiap titik api yang muncul sehingga tidak menjadi besar. Keempat, penegakan hukum secara tegas bagi pembakar hutan agar memberikan efek jera. Kelima, agar dicari solusi permanen untuk upaya pembakaran hutan dan lahan yang sengaja untuk motif ekonomi.

"Dari arahan tersebut, Bapak Presiden menekankan pentingnya meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui konsolidasi dalam penanganan karhutla secara menyeluruh oleh seluruh pihak mulai dari pusat hingga ke daerah," kata Mahfud.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. menekankan kepada seluruh personel baik Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Masyarakat Peduli Api (MPA) maupun instansi terkait wilayah yang rentan Karhutla, agar memprioritaskan upaya pencegahan.

Pengendalian dan pemadaman api secara maksimal merupakan salah satu upaya yang bersifat segera.

"Salah satu cara yang dianggap cukup efektif adalah konsolidasi penanganan Karhutla," tandas Kapolda Kalsel


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Labels:

0 comments:

Posting Komentar