Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Pimpin Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Polda Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 13 Oktober 2020


Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara Taklimat Awal pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) rutin tahap II Tahun Anggaran 2020. Dalam Wasrik Tahap II Tahun 2020 ini yang menjadi objek pemeriksaan oleh tim Wasrik adalah dari aspek Pelaksanaan dan Pengendalian.

Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, acara yang diselenggarakan di Rupatama Polda Kalsel tersebut dibuka secara langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol. Dr. Heri Armanto Sutikno, S.H., M.Si., para Pejabat Utama Polda Kalsel serta Kapolres/Ta Jajaran secara virtual, Selasa (13/10/2020) pukul 09.00 Wita.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. menyampaikan bahwa, pelaksanaan Wasrik Rutin Itwasda Polda Kalsel tahun 2020 dibagi dalam dua tahap yakni, tahap I aspek perencanaan dan pengorganisasian yang bertujuan untuk mengawal pelaksanaan program dan anggaran sejak dari penyusunan dokumen perencanaan serta menilai sejauh mana kemampuan satker mengorganisir personel, materiil dan anggaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian bertujuan mengawasi pelaksanaan program dan anggaran sehingga pelaksanaan tupoksi satker dapat terlaksana secara efektif dan efisien, sekaligus menilai dan memastikan pengelolaan anggaran beserta pertanggungjawaban keuangan dapat terselenggara secara baik, transparan dan akuntabel.

"Kebijakan dan strategi dalam pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan rutin di lingkungan Polri mempedomani ketentuan yang mengatur tentang Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), yaitu : Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan peraturan Kapolri nomor 18 Tahun 2011 tentang pengawasan dan pemeriksaan rutin di lingkungan Polri,” ujar Kapolda Kalsel.

Lanjutnya, dari hasil Wasrik ini nantinya diperoleh gambaran umum tentang pelaksanaan program kegiatan dan anggaran oleh satker jajaran Polda Kalsel. Untuk itu perlu ditingkatkan kemampuan manajerial para Kasatker selaku penanggung jawab kegiatan dan anggaran, yang dibarengi dengan penguatan pengawasan oleh Itwasda untuk melaksanakan monitoring secara berkala atas seluruh kegiatan pada institusi, mulai dari perencanaan,  pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian, demikian pula penyerapan dan pertanggungjawaban keuangan.

"Perlu kembali saya ingatkan bahwa fungsi pengawasan merupakan salah satu bagian penting pada organisasi, fungsi pengawasan tidak dapat diabaikan dan tidak terpisahkan dalam setiap proses manajemen dan dinamika organisasi, oleh karena itu kualitas pelaksanaan pengawasan ini sangat mempengaruhi keberhasilan tugas suatu organisasi termasuk Polda Kalsel dan jajarannya", ungkapnya.

Kapolda Kalsel meminta agar kegiatan Wasrik ini juga dijadikan sebagai sarana evaluasi, instropeksi  dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi selama ini dengan memberikan informasi berdasarkan fakta yang ada dan data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan sehingga temuan pada Wasrik ini dapat ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja dan menghindari temuan yang sifatnya berulang.

"Kepada seluruh Kasatker jajaran Polda Kalsel yang menjadi obyek pemeriksaan agar mempersiapkan diri dengan sebaik - baiknya sesuai bidang tugas masing - masing untuk menerima kunjungan tim Wasrik, wajib bekerjasama serta memberikan dukungan sepenuhnya kepada tim Wasrik dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan, sehingga pelaksanaan Wasrik dapat berjalan dengan baik dan lancar serta didapatkan hasil yang maksimal guna perbaikan institusi", pungkas Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H.


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Label:

0 komentar:

Posting Komentar