Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres HSU Polda Kalsel Ikuti Sosialisasi Aplikasi BOS

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 06 Agustus 2020

Dalam rangka mewujudkan program prioritas Kapolri yang tentunya ditindaklanjuti jajaran Kepolisian se Indonesia sebagaimana dalam Program Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dibidang peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI, Direktorat Binmas Polda Kalsel melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Binmas Online Sistem (BOS) kepada para Kanit Binmas dan para Bhabinkamtibmas jajaran Polres HSU di Gedung Jananuraga Mapolres HSU Jalan Muhajirin No.02 Kelurahan Murungsari Kabupaten HSU, Rabu (5/8/2020) siang.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 Wita ini dibuka oleh Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.I.K., M.H. didampingi Wakapolres HSU Kompol Irwan, S.ST., S.H. dan Kasat Binmas AKP H. Ady Suwarno serta diikuti 7 orang Kanit Binmas Polsek juga 46 anggota Bhabinkamtibmas Polsek jajaran.

"Terima kasih kepada Ketua Tim dan rombongan dari Dit Binmas Polda Kalsel, yang telah sudi datang di tempat ini, yang nantinya akan memberikan sosialisasi pencerahan kepada kita semua,” tutur Kapolres HSU saat memulai sambutannya dalam membuka kegiatan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas tentang aplikasi BOS, Karhutla dan Pilkada.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan kegiatan para Bhabinkamtibmas yang aktif menjalankan tugas di desa binaan masing-masing, malah ada anggota yang meraih prestasi Juara 3 sebagai  Bhabinkamtibmas kreatif dalam menciptakan sepeda air di salah satu lokasi sehingga jadi daya tarik lokasi wisata air di desa binaannya yakni Bripka Jayeng  Bhabinkamtibmas Polsek Amuntai Utara.

“Selanjutnya dalam kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan rekan-rekan Bhabinkamtibmas semua yang hadir sekarang ini, agar menyimak, ikuti kegiatan ini dengan serius dan tanyakan apa - apa yang belum dipahami,” tegas Kapolres HSU.

Sementara selaku Ketua Tim Peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas tentang BOS, Karhutla dan Pilkada yakni Kasubbid Dit Binmas Polda Kalsel Kompol Haris Sipriyadi, S.H., M.H. dalam sambutan sekaligus pemberi materi menjelaskan Kita merasa bangga dengan Bet lengan warna kuning ini yang terpasang di lengan kiri rekan-rekan sebagai Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa,” tutur Kompol Haris memberi Aplaus sehingga suasana gemuruh tepuk tangan.

"Seperti yang sudah disampaikan Bapak Kapolres HSU tadi, bahwa rekan-rekan aktif menjalankan kegiatan dinas di desa, untuk itu kinerja rekan- rekan harus dilaporkan ke dalam Aplikasi Binmas Onlime Systen (BOS) ini secara online melalui handphone android termasuk Foto-foto kegiatan Bhabinkamtibmas seperti DDS (Door to Door Sistem), problem solving, laporan informasi dan inovasi Bhabinkamtibmas bisa diketahui dari aplikasi ini, " ujarnya.

Tidak hanya itu, aplikasi BOS juga berisi fitur “E-learning Bhabinkamtibmas” sebagai wahana belajar mandiri guna meningkatkan kemampuan personel Bhabinkamtibmas. Kemudian juga ada fitur “Informasi Binmas” yang diinstruksikan secara langsung dari Mabes Polri sesuai trend kerawanan gangguan Kamtibmas yang terjadi dan harus segera mendapat atensi dari seluruh Bhabinkamtibmas.

Secara tehnis diuraikan terkait kendala dalam meoprasionalkan aplilasi BOS tersebut yang mayoritas terkendala jaringan dan menimbulkan dampak ketergantungan terhadap Satker pengguna dan dalam mengakomodir laporan dalam sistem pendataan yang mana terjadi penumpukan mana kala bersamaan saat pelaporan.

"Tapi laporan yang tidak terespon akan terekam di server dan tetap masuk,” tutur Kompol Haris.

Kegiatan peningkatan kemampuan kemudian dilanjutkan oleh Kasi Latpuan Bhabinkamtibmas Kompol Anto, SE menyampaikan terkait penanganan dan antisipasi bahaya Karhutla serta situasi Pilkada. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Label:

0 komentar:

Posting Komentar