Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kunjungi KTB Tapin, Kapolda Kalsel : Kunci Keberhasilan Kampung Tangguh Adalah Kedisiplinan Masyarakat

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 17 Juli 2020

Seperti diketahui, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan wilayah yang menjadi perhatian dalam penanganan wabah Virus Corona atau Covid-19, mengingat perkembangan yang positif terpapar masih cukup tinggi.

Upaya Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) berserta jajarannya baik tingkat Polres hingga Polsek untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid -19 terus digelorakan. Melalui Kampung Tangguh yang digagas oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. beserta seluruh Polres/Polresta jajaran Polda Kalsel bersama tiga pilar yang ada di wilayah masing- masing dan masyarakat setempat, terus berjibaku untuk mewujudkan Kampung Tangguh yang benar – benar tangguh dalam memutus rantai penyebaran Virus Covid-19.

Didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. bersama Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., PLT BPBD Kalsel, LO BPBD Pusat, Kepala Kesbangpol Kalsel, Karo Umum Setda Provinsi Kalsel, Karo Rena Polda Kalsel, Direktur Samapta Polda Kalsel, Direktur Binmas Polda Kalsel, Kabid Humas Polda Kalsel dan Kabid Dokkes Polda Kalsel meninjau Kampung Tangguh Banua (KTB) di Desa A. Yani Pura Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kamis (16/7/2020) pukul 15.15 Wita.
Kedatangan Kapolda Kalsel beserta rombongan di KTB Desa A.Yani Pura ini disambut langsung oleh Bupati Tapin, Kapolres Tapin, Dandim 1010 Rantau, Kajari Tapin, Ketua Pengadilan Negeri Rantau dan Ketua DPRD Tapin, serta Tim Gugus Tugas Penanggulangan Dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapin.

Sebelum melakukan peninjauan dan pengecekan sarana dan prasarana KTB Desa A.Yani Pura, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada Gubernur, Kapolda dan Wakapolda Kalsel beserta rombongan oleh Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19. Kemudian dilanjutkan cuci tangan, peninjauan ruang isolasi penanganan Covid-19, peninjauan dapur umum dan unit ketahanan pangan KTB Desa A.Yani Pura Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalsel ini dibuka dengan Pembacaan Doa, Paparan hasil kinerja KTB oleh Kapolsek Binuang, Kesaksian warga yang sembuh dari Covid-19, Sambutan Gubernur Kalsel, Grand Launching Kampung Tangguh, Virtual Zoom Meeting dengan Kapolsek Bungur KTB Desa Bungur, Penyerahan paket Sembako, alat pelindung diri (APD), Alat kesehatan, Bibit ikan dan bibit tanaman ditutup dengan Foto bersama.
Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dalam kesempatan ini mengapresiasi peran serta warga dalam penerapan SOP di Kampung Tangguh di desanya. Seperti tersedianya sentra pangan beserta gudang penyimpanannya, ruang isolasi warga, serta tersedianya beberapa publik address hingga ambulan.

“Dengan adanya pelaksanaan Kampung Tangguh diharapkan Perangkat Desa dan warga dapat membantu percepatan upaya memutus mata rantai Covid-19. Kami juga mengimbau supaya protokol kesehatan juga secara disiplin diterapkan oleh warga,” pesan Kapolda Kalsel.

Menurutnya, kunci dari keberhasilan Kampung Tangguh sebagai ujung tombak memutus mata rantai Covid-19 adalah kedisiplinan dari masyarakat dibantu TNI-Polri beserta perangkat desa.
Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengucapkan terimakasih atas sambutan warga KTB Desa A.Yani Pura Kecamatan Binuang.

Sebagai bangsa dan rakyat yang tangguh, lanjut Gubernur Kalsel, Pemerintah Daerah, TNI dan Polri terus bergotong royong menghadapi Pandemi Virus Covid-19 yang saat ini masih belum bisa dihentikan perkembangannya.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menuturkan Covid-19 menular melalui mulut, hidung dan mata, maka daripada itu masyarakat dihimbau untuk selalu memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta kemudian menghindari kerumunan guna menjaga jarak.

Dikatakan, Kampung Tangguh adalah konsep gotong rotong, kerjasama dan kebersamaan kemanusiaan, oleh karena itu pembuatan Kampung Tangguh ini adalah suatu usaha dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di Bumi Lambung Mangkurat.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar