Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Desa Batu Tangga

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 16 Juli 2020

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. melakukan kunjungan kerja Ke Kampung Tangguh Banua (KTB) Desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (15/7/2020) pukul 11.00 Wita.

Dalam kunjungan ini Kapolda Kalsel didampingi LO BPBD Kalsel, Kepala Kesbangpol Kalsel, Karo Umum Setda Kalsel, Karo Rena Polda Kalsel, Direktur Samapta Polda Kalsel, Direktur Binmas Polda Kalsel, Kabid Humas Polda Kalsel dan Kabid Dokkes Polda Kalsel ini disambut oleh Bupati Kabupaten HST, Ketua DPRD Kabupaten HST, Kapolres HST, Dandim 1002 Barabai, Danyon 621 Manuntung dan Kepala Kejari Kabupaten HST.

Konsep Kampung Tangguh ini dinilai berperan penting menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, dan juga menguatkan pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang sosial, ekonomi, keamanan maupun kesehatan di wilayah perdesaan di tengah Pandemi Covid-19.
Selaku Pejabat baru di Kalimantan Selatan, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. lebih dulu memperkenalkan diri kepada Forkopimda dan warga masyarakat Kabupaten HST dan mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk mendukung Kebijakan Pemerintah dalam program Kampung Tangguh dengan menyaksikan bagaimana perjuangan dan motivasi Muspika dan Muspides dalam membangun Kampung Tangguh ini.

“Mari sama-sama kita menjalankan Kebijakan Pemerintah tentang pencegahan Covid-19, salah satunya dengan program Kampung Tangguh yang saat ini sudah di siapkan,” ujarnya.

Pihaknya pun sudah melihat dan menyaksikan dari awal bagaimana kampung ini tangguh dalam segala hal baik itu kesehatan, ekonomi sosial, budaya dan sumber daya manusia maupun dalam menangani Covid-19.

Dia menyampaikan ada 3 hal berdirinya Bangsa Indonesia yakni Musyawarah, Mufakat dan Gotong royong, dan ketiga hal tersebut di lihat Kapolda Kalsel sudah terlaksana di Desa Batu Tangga guna menghadapi Covid-19. “Mari kita berdoa, semoga dengan adanya ketiga hal tersebut ditambah dengan partisipasi seluruh stakeholder khususnya masyarakat kondisi situasi tetap berjalan baik dengan diberikan kesehatan dan keselamatan untuk kita semua,” ucap Kapolda Kalsel.
Lima (5) strategi dalam menangani Covid-19 pun disampaikan oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dalam kunjungan kerjanya. Kelima strategi itu diantaranya Peningkatan PCR, Peningkatan kapasitas rumah sakit dan isolasi, Pembentukan Kampung Tangguh, Operasi penegakan disiplin Protokol Kesehatan, dan Efesiensi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Namun kelima strategi tersebut menurut Kapolda Kalsel tidak akan berhasil tanpa adalah adanya partisipasi masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya mengimbau kepada masyarakat di Desa Batu Tangga ini, agar bekerja keras untuk melakukan pencegahan terhadap Covid-19, memiliki daya tangkal yang tangguh serta menjaga Kamtibmas dengan memberdayakan dan memaksimalkan sistem keamanan kampung yang tangguh dari berbagai macam hal,” pungkasnya.
Sementara itu Bupati HST Drs. H.A. Chairansyah dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang kepada Kapolda Kalsel beserta Forkopimda Provinsi Kalsel di KTB Desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur.

Ia menuturkan pembentukan KTB Desa Batu Tangga ini berbasis komunitas dan gotong royong antara Pemerintah dengan masyarakat.

Didepan Kapolda Kalsel dan Forkopimda Kalsel, Bupati HST juga menyampaikan berkat kerjasama Pemerintah dan masyarakat, warga yang terpapar Covid-19 (Positif) di Kabupaten HST hingga saat ini berjumlah 43 orang dan menjadi kasus terendah se Provinsi Kalsel.

Ucapan terimakasih pun disampaikan Bupati HST Drs. H.A. Chairansyah kepada TNI, Polri dan masyarakat atas kerjasama menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Hulu Sungai Tengah (HST).


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar