Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 15 Juli 2020

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. bersama Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Parullian Marpaung dan Asisten 1 Pemprov Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Kampung Tangguh Banua di Desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (14/7/2020) pukul 11.30 - 13.30 Wita.

Kedatangan Kapolda Kalsel beserta rombongan disambut dengan Tarian Dayak Meratus, dilanjutkan dengan Sambutan Bupati HST, Kapolda Kalsel, kemudian Peragaan Team Relawan Kampung Tangguh Batu Tangga, Pengecekan Sekretariat Kampung Tangguh,  dan ditutup dengan Do’a Bersama.

Dalam kunjungan Kapolda Kalsel ini turut dihadiri Bupati HST Drs. H.A. Chairansyah, Ketua DPRD HST H.Rachmadi, Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K, Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Muh Ishak, S.I.P, M.I.Pol, Kepala Kejaksaan Negeri Barabai Trimo SH,MH, Ketua Pengadilan Negeri Barabai Eka Ratna, SH,M.Hum, Danyon 621 Manuntung Mayor Inf Yoga Yastinida, Wakapolres HST Kompol Sarjaini, Wakil Bupati Berry N.F, Kepala Adat desa Murung B Hery Odang, Tokoh Adat Gama Sakarani, Ketua Pemuda Adat Dayak Roby dan masyarakat sekitar Desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur.
Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. menuturkan kedatangan dirinya beserta Unsur Forkopimda Provinsi Kalsel ke daerah Pegunungan Meratus Desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten HST merupakan suatu bentuk penghormatan dan apresiasi kepada Kampung Tangguh Banua.

"Saya berharap semua Desa yang terkonfirmasi positif Corona sudah ada Kampung Tangguhnya, sehingga dengan adanya Kampung Tangguh ini benar - benar menjadi basis kita semua untuk melawan maupun menghadapi dan menjaga diri kita dan masyarakat dari Virus Corona atau Covid-19," jelas Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H.

Menurutnya, Kampung Tangguh yang sudah terbentuk ini bukan sekedar ada penjagaan, cek suhu maupun lumbung pangan. Tapi, Kampung Tangguh harus benar - benar tangguh, baik di bidang sosial, ekonomi, keamanan maupun kesehatan.
Selain itu, Kampung Tangguh menjadi garda terdepan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat, sehingga angka kematian bisa dikurangi dan angka kesembuhan bisa ditingkatkan agar bisa menyongsong Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Jangan sampai nanti ada warga desanya yang terkonfirmasi positif Corona diam - diam saja, tapi segera dimonitor melalui Kampung Tangguh ini agar segera ditangani dan diambil tindakan untuk perawatan," ucap Kapolda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. mengatakan bahwa banyak langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam menangani penyebaran Covid-19 diantara yaitu dengan melakukan 3T yakni Tracking, Test, kemudian Treatment. Namun langkah strategis ini tidak akan berhasil dilakukan oleh Polri, TNI dan Pemerintah Daerah tanpa adanya peran dari masyarakat.
Sementara itu, Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Parullian Marpaung mengatakan, dengan adanya Kampung Tangguh Banua yang dirintis Kapolda Kalsel bersama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang saat ini menghadapi Pandemi Covid-19.

Ia juga berharap, dengan adanya Kampung Tangguh di Desa Batu Tangga yang telah disiapkan oleh jajaran Forkopimda Kabupaten HST ini bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat.

Sehingga, masyarakat pun bisa terbebas dari penyebaran Covid-19 karena selalu menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Termasuk diantaranya, tangguh dalam keamanan, tangguh dalam lumbung pangan maupun tangguh dalam kesehatan.

"Kita saat ini mau menyongsong pola hidup baru. Karena sampai saat ini belum ditemukan obat penyembuhnya Corona, sehingga kita mau tidak mau harus bisa beradaptasi bersama dengan Covid-19. Kita harus bisa menjalankan protokol kesehatan, karena kita tidak tahu kapan Covid-19 ini hilang dari bumi kita," pungkasnya.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar