Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Apel Gelar Pasukan, Siap Tanggulangi Karhutla di Kabupaten HSU

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 21 Juni 2020

Apel Gelar Pasukan Pengecekan Pasukan dan Sarpras Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilaksanakan jajajaran Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Jum'at (19/6/2020) pukul 08.40 wita, di lapangan Sepakbola Komplek Stadion Karias, Desa Sei Karias Kecamatan Amuntai Tengah.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK yang memimpin kegiatan tersebut dalam amanat menghimbau serta mengajak seluruh unsur terkait baik itu Pemerintah, Swasta maupun masyarakat, agar secara bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas, dan tuntas dalam mencegah, menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), baik dalam hal pencegahan seperti patroli dengan memberikan himbauan dan larangan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

“Penanggulangan Karhutla tidak dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak, baik itu Pemerintah (Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota), TNI/Polri, Swasta, dan masyarakat, hal tersebut sejalan dengan amanat Inpres Nomor 03 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Karhutla diwilayah masing-masing, " tutur Bupati.
Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan apel ini dalam rangka menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam menanggulangi Karhutla, yang sering terjadi di Kabupaten HSU.

Kita mungkin telah merasakan bencana kasus bencana kabut asap yang melanda di Kabupaten HSU beberapa tahun silam, yang disebakan adanya pembakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) serta di Provinsi tetangga.

"Saya mengajak untuk lebih peduli dengan lingkungan kita dengan tidak melakukan pembakaran, khusus kepada penegak hukum agar lebih fokus dalam hal penyidikan, penyelidikan, dan upaya hukum pada kasus Karhutla serta pelibatan masyarakat peduli api agar membantu pemadaman sehingga dapat menekan terjadinya Karlahutla," jelasnya.
Bupati berharap lingkungan kita sehat dan tidak terjadi pencemaran termasuk asap akibat kebakaran "Marilah kita semua tetap berdoa, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan rahmat-Nya dalam menjalankan tugas, selamat bekerja," tukasnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut turut hadir Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.IK., M.H., Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari SKM, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, SIP MTr (Han), Kajari HSU Novan Hadian, SH MH, pejabat SKPD di lingkungan Pemkab HSU, Kepala BPN HSU serta pimpinan PT PDL, pimpinan PT Karias Tabing, Wakapolres HSU Kompol Irwan, S.ST., S.H, para Pejabat Utama Polres HSU, Kapolsek, Danramil Jajaran Kodim 1001 Amuntai,  dan para Camat serta Kepala Desa se - Kabupaten HSU.

Sementara peserta apel sendiri terdiri dari 1 pleton gabungan para Kapolsek, para Danramil dan para Camat, 1 pleton Kodim 1001 Amuntai, 1pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton gabungan Polsek, 1 Pleton gabungan Res Intel,  1 pleton Dinas BPBD, 1 pleton SatPol PP dan Damkar, 1 pleton Dinas Kesehatan, 1 pleton Senkom dan  1 pleton BPK.
Pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan Maklumat Bersama oleh Forkopimda Kabupaten HSU tentang Larangan Pembakaran Hutan dan Lahan, Pemberian penghargaan kepada 7 Kepala Desa sebagai Kampung Tangguh Banua Pelopor Kampung yang mandiri pangan kesehatan dan keamanan, Tangguh dalam cegah tangkal Virus Corona untuk kesiapan New Normal di Kabupaten HSU.

Sebagai penutup kegiatan diakhiri dengan simulasi pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla oleh Tim Terpadu Kabupaten HSU serta penanganan pelaku pembakaran oleh Saturan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres HSU.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.IK., M.H., melalui Wakapolres HSU Kompol Irwan, S.ST., S.H, menyampaikan, gelar pasukan ini untuk memastikan bahwa Polres HSU dan jajaran bekerjasama dengan Forkopimda dan unsur terkait lainnya bersinergi dan siap  dalam penanggulangan Karhutla yang akan dihadapi.

"Menunjukkan kita telah siap dari segi SDM dan prasarana bila terjadi Karhutla di wilayah Hulu Sungai Utara," tegasnya. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar