Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolres HSU Hadiri Simulasi Pemulasaran Jenazah Covid-19

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 02 Mei 2020

Personel Satuan Sabhara (Sat Sabhara) dan Urusan kesehatan (Urkes) Polres Hulu Sungai Utara (HSU) diberikan pelatihan tentang tata cara pemulasaran sampai pemakaman jenazah pasien yang sudah terpapar Virus Corona (Covid-19). Pelatihan tersebut dipusatkan di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai, Jumat (1/5/2020).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dan Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai, Ustadz H. Nawawi Abdul Rauf dari pihak MUI Kabupaten HSU serta dibantu peserta simulasi dari fihak RSUD Pambalah Batung Amuntai.
Dalam pelatihan diajarkan mulai dari tata cara mengenakan alat pelindung diri (APD) yang benar, memandikan jenazah, mendisinfeksi, pembungkusan menggunakan kain kafan dan plastik berlapis serta menshalatkan jenazah sebelum dimakamkan diakhiri dengan cara melepaskan APD yang aman.

Ustadz H. Nawawi Abdul Rauf menjelaskan tidak hanya Anggota Polisi, akan tetapi Dokter, Perawat, Sopir dan petugas kamar jenazah juga diberikan pemahaman ini.
Adapun yang menjadi dasar pemulasaraan jenazah Covid-19 yaitu berpedoman kepada Fatwa MUI No.18/2020 tentang Pengurusan jenazah akibat Covid-19.

Sementara itu Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.I.K., M.H. didampingi Kasat Sabhara Iptu Sutoyo yang hadir langsung dalam simulasi tersebut menerangkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan personel Polres HSU yakni Satuan Sabhara dan Urusan Kesehatan (Urkes) dalam hal pemulasaraan jenazah korban Virus Corona (Covid-19) dan mendapat pemahaman yang benar sehingga para personel terampil dan yakin dalam pelaksanaan tugasnya.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini persoalan terkait pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 maupun terduga Covid-19, dapat ditangani dengan baik, sehingga mereka tidak akan pernah ragu dalam melaksanakan tugas tersebut,” tutur Kapolres HSU.

Lebih Lanjut Kapolres menerangkan, dengan adanya pelatihan ini  tentunya Polres HSU sudah punya Tim Pemulasaran Jenazah korban Covid-19 dan siap ditugaskan dalam rangka Penanganan dan Penanggulangan Bencana Covid-19 nantinya.

"Diharapkan, dengan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini persoalan terkait pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 maupun terduga Covid-19 dapat ditangani dengan baik, sehingga tidak menimbulkan ketakutan maupun kecemasan dari masyarakat,” jelas AKBP Pipit Subiyanto, S.I.K., M.H. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar