Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Coaching Clinik Peran Dan Fungsi Labfor Dalam Membantu Penyidikan Tindak Pidana di Polda Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 05 Maret 2020

Inafis berperan penting dalam mengidentifikasi seseorang melalui cara ilmiah pemeriksaan sidik jari. Polisi Inafis hampir selalu dilibatkan dalam proses penyelidikan kejahatan.”Fungsi Inafis sama dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) yaitu satuan kerja di bawah Bareskrim Mabes Polri sebagai bantuan teknis penyidik dalam rangka penyelidikan dan penyidikan tindak pidana.

Coaching Clinic Pembinaan Teknis Fungsi Laboratorium Forensik dalam penanganan TKP dan barang bukti kepada para penyidik dan personil identifikasi berlangsung di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Kamis (5/3/2020) pukul 08.00 Wita.
Acara tersebut dihadiri Bidang Labfor dari Polda Jatim di Ketuai Kombes Haris Aksara. S.H., Direktur Reskrimum Polda Kalsel Kombes Pol Dr. Sugeng Riyadi, S.I.K., M.H., M.Si., Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kaur Ident Jajaran Polda Kalsel, para Penyidik dari Dit Reskrimum, Dit Reskrimsus, Dit Resnarkoba, Dir Lantas, Dit Polairud dan Bid Propam Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Drs. Yazid Fanani, M. Si. melalui Direktur Reskrimum Polda Kalsel Kombes Pol Dr. Sugeng Riyadi, S.I.K., M.H., M.Si., menuturkan dalam era globalisasi dan transparasi saat ini, Penyidik harus sudah meninggalkan cara penyidikan Konvensional yang hanya mengandalkan pengakuan tersangka/saksi dan harus berpindah pada Scientific Crime Invesgation (Penyidikan secara ilmiah).
Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Polri serta tuntutan dari masyarakat baik Nasional maupun Internasional, bahwa dalam penyidikan harus menjunjung Supremasi Hukum dan HAM serta tuntutan perundang-undangan (KUHAP) yang tidak lagi hanya mengejar pengakuan dalam sistim pembuktian demi terciptannya kepastian hukum dan rasa keadilan.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar