Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Cegah Kejahatan Pasar, Polda Kalsel Berikan Sosialisasi di Lingkungan Pasar Kota Banjarmasin

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 20 Maret 2020

Kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan pasar menjadi perhatian Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) yang secara khusus menggelar Sosialisasi tentang Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban dengan sejumlah warga di lingkungan Pasar di Kota Banjarmasin, Jum'at (20/3/2020) pukul 14.00 Wita.

Kegiatan bertemakan "Anti Premanisme Mendukung Terciptanya Keamanan dan Ketertiban Lingkungan" tersebut dihadiri Kasubdit Kamneg AKBP Asep Hidayat, S.Sos., MAP., Kanit I Subdit Kamneg AKP Sugeng Rianto, S.Ap., M.H., Kapospol Sudimampir Ipda Ridwan Malik, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Norbiansyah, Kasi Retribusi Pasar Kota Banjarmasin Rido, Imam Masjid Noor Banjarmasin Ustads H. Alfian Noor, serta warga masyarakat Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung dan Pasar Harum Manis Banjarmasin berjumlah 150 orang.
Dalam tausiahnya Ustads H. Alfian Noor mengajak warga masyarakat Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung dan Pasar Harum Manis untuk selalu memperbanyak Takbir, Dzikir dan Istighfar guna mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta dapat menjaga kerukunan dan ketertiban disekitar Pasar khususnya di Kalimantan Selatan terlebih menjelang Bulan Suci Ramadhan yang akan datang.

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Norbiansyah, dalam sambutannya mengatakan Bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin bertugas mengurusi industri kecil menengah, ekspor dan import serta mengurusi ijin Pasar baik itu Pasar Tradisional dan Pasar Modern.

Ia berharap kepada warga yang berkecimpung di Pasar Tradisional mampu bersaing dengan Pasar Modern serta harus menjaga kebersihan dan keindahan dilingkungan Pasar.
Norbiansyah pun menyampaikan harapan dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang menginginkan Pasar Tradisional menjadi lebih bagus dengan melakukan revitalisasi Pasar, khusunya di Pasar Sudimampir dan Pasar Ujung Murung, sehingga ia berharap agar warga masyarakat di lingkungan Pasar tersebut mendukung hal tersebut.

Meskipun pada saat proses pembangunan akan mengganggu aktifitas masyarakat khususunya para pedagang, namun demikian saat Pasar selesai direvitalisasi para Pedagang akan merasakan kenyamanan, sesuai Visi dan Misi Walikota Banjarmasin yaitu BAIMAN (Bersih Wan Nyaman).

Sementara itu Kasubdit Kamneg AKBP Asep Hidayat, S.Sos., MAP. selaku pelaksana kegiatan mengucapkan terimakasih kepada warga Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung dan Pasar Harum Manis Banjarmasin menyempatkan hadir yang pada kesempatan tersebut ditengah kesibukan dan aktifitas masing – masing warga.
Ia pun menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga silaturahmi dengan warga Pasar, mengingat pihaknya berhadapan langsung dengan warga masyarakat dan mengajak para peserta yang hadir untuk bersama - sama menjaga Sitkamtibmas yang kondusif saat ini.

Dengan menjaga Sitkamtibmas yang kondusif, maka Pasar Tradisional tidak akan ditinggalkan konsumen, namun apabila Pasar tidak aman maka pengunjung akan malas berkunjung ke Pasar, sehingga ia pun dalam kesempatan ini mengajak warga Pasar untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif.

Selain itu diharapkan masyarakat mendukung program Pemerintah Kota Banjarmasin, untuk perbaikan Pasar. “Setelah kegiatan silaturahmi ini, diharapakan peran serta masyarakat dalam memelihara keamanan semakin meningkat sehingga Sitkamtibmas dapat selalu kondusif dengan cara memberikan informasi yang akurat terutama menjelang Pemilu Serentak tahun 2020.
AKBP Asep Hidayat, S.Sos., MAP. juga tidak lupa meminta kepada warga Pasar agar kedepannya meningkatkan sesuai peran masing - masing baik itu Penjaga Keamanan (Wakar), Juru Parkir dll.

Sementara itu Idham, salah satu tokoh keamanan Pasar Ujung Murung, mengaku cukup simpatik terhadap pelaksanaan kegiatan yang di lakukan oleh Polda Kalsel tersebut, karena program kegiatan tersebut di anggap cukup efektif dalam mencegah aksi Premanisme di lingkungan Pasar dan program tersebut di nilai cukup memberikan atensi dan perhatian terhadap para warga masyarakat sekitar Pasar untuk turut bersama-sama secara kolaboratif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif. Pihaknya pun juga menghimbau agar tidak lupa menjaga kebersihan Pasar untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Diakhir silaturahmi ini, dilakukan Penyerahan bantuan dari Polda Kalsel kepada warga Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung dan Pasar Harum Manis. Bantuan diserahkan oleh Kasubdit Kamneg AKBP Asep Hidayat, S.Sos., MAP., Kapospol Sudimampir Ipda Ridwan Malik, dan Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Norbiansyah, kepada Perwakilan warga Pasar.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar