Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Apel Pagi, Ini Arahan Kapolda dan Kabid Dokkes Polda Kalsel Tentang Covid-19

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 16 Maret 2020

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Drs. Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. memimpin Apel Pagi Personil dengan agenda memberikan pengarahan dan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di lingkungan Kepolisian, Senin (16/3/2020) pukul 07.30 Wita.

Apel pagi ini diikuti Wakapolda, Irwasda, Pejabat Utama (PJU), para personil Polri dan ASN Polda Kalsel.

Kegiatan apel pagi diikuti seluruh personil Polda Kalsel dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19), dengan cara hidup sehat serta mencuci tangan dengan baik dan benar.
Dalam arahannya Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. menekankan tentang gaya hidup sehat serta hidup bersih di sekitar lingkungan baik Kantor ataupun rumah dan sekitarnya. Setelah apel pagi selesai personil langsung melaksanakan bersih-bersih di Kantor (ruangan kerja) masing masing satuan kerja.

Akhir-akhir ini kita banyak mendengar informasi tentang penyebaran Virus Corona yang awalnya menyebar di Cina dan beberapa hari ini menyebar ke beberapa Negara hingga ke Indonesia,” tutur Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.

Untuk itu Pemerintah melalui berbagai instansi/lembaga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk terus berhati hati, tidak parno/panik, dan melakukan pencegahan dengan apa yang sudah di sosialisasikan. “Ini menjadi perhatian kita semua, terus jangan lupa berikhtiar,” terang Kapolda.

Sementara itu Arahan Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes. dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19 yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.
Ada istilah porbebel atau suspek bagi orang yang pernah bersentuhan dengan penderita Corona, namun perlu diketahui bahwa Virus ini bisa mati pada Suhu 36 derajat selama 4 hari dan Suhu 4 derajat selama 1 bulan.

Kabid Dokkes mengatakan bahwa Usia paling rawan terkena COVID-19 ini adalah pada orang tua berumur 60 tahun ke atas. Meskipun begitu penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, tidur yang cukup, lakukan olahraga dalam komunitas yang kecil, cukup terkena sinar matahari, makan makanan yang bergizi, positif thinking dan berdoa.

Kemudian lakukan isolasi diri sendiri artinya jangan banyak keluar rumah apabila tidak ada keperluan, jangan sering pegang muka dan cuci tangan selama 40 detik.
Dia pun mengingatkan kepada seluruh personil Polda Kalsel untuk selalu waspada dan memahami tentang penularan Virus Corona, dan apabila terjadi flu ringan segera berobat.

Sebelumnya, pada Minggu (15/3/2020) Polda Kalsel dalam rangka mengantisipasi merebaknya Virus Corona, melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) dan Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin melakukan beberapa upaya pencegahan.

Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan Polda Kalsel menanggapi isu COVID-19 dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada personil Polda Kalsel, para Pelajar dan masyarakat tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Virus Corona dengan memberikan vaksinasi flu kepada personil.

Kemudian melakukan Penyemprotan Desinfektan di Area Publik Polda Kalsel seperti di Masjid Polda, Lobby Mapolda, Layanan SKCK, Layanan BPKB, Satpas Polda, Aula Rupatama, Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, RS Bhayangkara Banjarmasin, dan Rutan Dit Tahti.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar