Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Hadiri Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 07 Februari 2020

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. turut menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020 yang diselenggarakan di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/2/2020). Rakornas yang dipimpin langsung Presiden RI Ir H. Joko Widodo ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan sinergi dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan Tahun 2020.

Sebelumnya, dalam Rakornas Penanggulangan Bencana yang digelar BNPB di Sentul Jawa Barat, Selasa (4/2/2020), Presiden Jokowi mengingatkan kewaspadaan daerah terkait Karhutla. Salah satu daerah yang menjadi sorotan Presiden adalah Provinsi Riau yang menjadi langganan bencana kabut asap akibat Karhutla setiap tahunnya. Untuk mencegah terjadinya Karhutla apalagi akan memasuki musim kemarau, Presiden memerintahkan agar setiap muncul satu titik api (hotspot) segera dipadamkan.
“Jangan sampai menjalar jadi dua, tiga dan seterusnya,” terang Presiden. “Aceh, Riau, hati – hati. Kalau muncul satu (titik api), segera padamkan. Jangan sampai jadi dua apalagi tiga. Hati – hati,” instruksi Presiden lagi.

Presiden Jokowi juga memerintahkan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., mencopot Kapolda dan Pangdam yang tidak becus mengurus Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ancaman juga berlaku untuk Kepolisian Resort (Kapolres), Komandan Korem (Danrem), dan Komandan Distrik Militer (Dandim).
“Tegas saya sampaikan, pasti saya telephone ke Panglima, ke Kapolri, kalau ada kebakaran di wilayah kecil agak membesar. Saya tanya Dandimnya sudah dicopot belum?” tegas Presiden di Istana Negara. Presiden meminta seluruh perangkat daerah, mulai mempersiapkan antisipasi Karhutla. Ia tak mau kejadian ini terus berlangsung dan menghanguskan jutaan hektare lahan lainnya.

Rakornas Pencegahan Karhutla Tahun 2020 ini juga dihadiri Menko Polhukam RI, Menko Marves RI, Menko PMK RI, Menteri LHK RI, Menkominfo RI, Menteri ATR RI, Mendagri RI, Panglima TNI, Kapolri, KA BNPB, para Gubernur, Pangdam, Kapolda, BPBD, Dandim, Kapolres dan Bupati se – Indonesia.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar