Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Banjir Kepung HSU, Personil Polri Bantu Warga Korban Banjir

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 10 Februari 2020

Situasi wilayah hukum Polres Hulu Sungai Utara (HSU) pada hari Minggu (9/2/2020) sampai dengan pukul 12.00 wita khususnya berkaitan dengan Bencana Alam Banjir, dilaporkan secara keseluruhan masih dalam keadaan aman namun ada kenaikan debit air sungai baik Sungai Tabalong maupun Sungai Balangan.

Kenaikan debit yang cukup signifikan di kedua muara di Kota Amuntai tepatnya di belakang Mapolres HSU, dan di beberapa spot jalan di wilayah yang terdampak Banjir.

Adapun tempat yang digenang Banjir selain Mapolres HSU dan kediaman Kapolres, Wakapolres dan Pejabat Utama Polres HSU.
Selain itu lokasi-lokasi yang juga digenang Banjir yakni Pemukiman dan Jalan  diantaranya Jalan H. Hasan Basri km 5 Pasar Senen Kecamatan Amuntai Kota, Jalan Lambung Mangkurat km 1 Kecamatan Amuntai Kota, Jalan Amuntai-Kelua Desa Kuangan Amuntai Utara, Pasar Alabio, Jalan Jermani Husin Desa Kaludan Besar, Desa Lok Bangkai Kecamatan Banjang, Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan, dan wilayah lainnya yang masih dalam penyisiran bersama oleh Posko Penanggulangan Bencana Gabungan.

Situasi tersebut berdampak pada aktifitas masyarakat sebagaimana upaya Polres HSU sesuai dengan Ops Aman Nusa II tahun 2020 yang bekerjasama dengan BPBD HSU melakukan patroli mematau situasi dan menolong warga saat banjir serta memberikan himbauan kepada warga masyarakat.

Adapun himbauan tersebut yakni Matikan instalasi listrik dalam rumah, Cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, Simpan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi, Bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam maka harus segera hubungi contact center PLN, serta hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir dan laporkan kepada pihak yang berwajib/Polsek terdekat apa bila memerlukan bantuan.
Polres HSU juga menghimbau agar para warga menjaga dan mengawasi anak anak agar tidak lengah saat banjir.

Dalam kesempatan ini juga Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.I.K. menegaskan bahwa untuk pelayanan kepada masyarakat di Polres dan Polsek jajaran tetap berjalan dan tidak ada istilah tutup karena banjir.

Dalam situasi banjir ini aktifitas anggota Polres HSU meliputi Mengatur arus lalu lintas terutama di beberapa ruas jalan yang tergenang banjir, Pemasangan Police Line ditempat rawan banjir dan longsor di ruas jalan yang banjir, serta membantu warga pengguna jalan dengan menolong warga yang terjebak macet karena banjir. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar