Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Banjarbaru

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 30 Januari 2020

Tim peneliti dan supervisi Puslitbang Polri melakukan penelitian lapangan ke sejumlah lokasi di Kota Banjarbaru, Kalsel, Rabu (29/1/2020). Penelitian tersebut untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, khususnya Polda Kalsel dan jajarannya.
Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol. Drs. Dadang Suwondo beserta rombongan melakukan penelitian dengan didampingi Wakapolres Banjarbaru, para Pejabat Utama Polres Banjarbaru, Kapolsek, Perwira dan Bintara jajaran Polres Banjarbaru.

Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol. Drs. Dadang Suwondo menuturkan, dalam kegiatan tersebut tim melakukan penelitian melalui menyebar kuisioner di Pelayanan SKCK, Pelayanan SIM, para Tahanan, Lapas Kelas II B Banjarbaru, Disdukcapil Kota Banjarbaru, Samsat Banjarbaru, SMA 2 Banjarbaru dan Fakultas Kedokteran Unlam Banjarbaru, Pangkalan Ojek Muara Kemuning Sabar Menanti dan Pelayanan di Mobil Sim Keliling.
“Ada sejumlah pertanyaan dalam kuisioner tersebut terkait kinerja Polri, yang harus mereka isi sesuai hati nurani,” sambungnya.

Ia melanjutkan, penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian. Yakni  fungsi lalu lintas, reserse, intel , binmas dan sabhara.
Dalam penelitian tersebut, ada lima indikator pengungkit layanan yang dilihat. Yakni tangibles (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan conformance (kesesuaian) kepolisian terhadap masayarakat yang dilayani.

“Lima indikator ini menjadi pedoman untuk penilaian dari masayarakat terhadap kepolisian di sini,” kata Kombes Pol. Drs. Dadang Suwondo.
Ia menambahkan, selain di Polres Banjarbaru, penelitian juga dilakukan di wilayah hukum Polda Kalsel lainnya. Seperti di Polres Banjarmasin, Polres Banjar, Polres Tanah Laut, dan Polres Barito Kuala (Batola).

“Untuk hasilnya nanti kita lihat pada akhir penelitian. Sekarang masih kita kumpulkan jawaban dari masyarakat,” pungkasnya.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar