Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Rakernis Lalu Lintas TA.2019 Resmi Dibuka Kapolda Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 03 Desember 2019

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Ditlantas Polda Kalsel) menggelar Rapat Kerja dan Tekhnis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas TA.2019 Polda Kalsel, Selasa (3/12/2019) pukul 09.00 wita.

Selain personil Ditlantas Polda Kalsel, kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Treepark Banjarmasin ini juga diikuti Kasat Lantas dari Polres Jajaran Polda Kalsel.
Kegiatan Rakernis dengan tema “Polantas Yang Promoter Siap Mewujudkan Kamseltibcar Lantas Menuju Indonesia Maju”, dibuka langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. dan dihadiri Wakapolda, Irwasda, Pejabat Utama Polda Kalsel, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel,   Kepala Bappeda Kalsel, Kepala Dinas PUPR Kalsel, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XI Banjarmasin, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Kalsel, Kepala Jasa Raharja Cabang Kalsel, dan Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. menyampaikan melalui Rakernis Fungsi Lalu Lintas mereka bangun Polantas yang siap mengikuti kemajuan teknologi informasi guna mewujudkan Polantas yang Promoter.
Kapolda juga berpesan kepada seluruh jajaran Ditlantas Polda Kalsel untuk terus membuat terobosan baru, khususnya pelayanan publik berbasis informasi dan teknologi (IT).

Polantas harus siap mengikuti kemajuan teknologi seperti saat sekarang ini.
"Buat terobosan pelayanan publik berbasis IT, guna meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu dalam melaksanakan Amanat Undang-Undang, Polantas memiliki fungsi yaitu Edukasi, Engineering (Rekayasa), Enforcement (Penegakkan hukum), Identifikasi dan registrasi pengemudi dan kendaraan bermotor, Pusat K3I (komunikasi, koordinasi, komando dan kendali, serta informasi), Koordinator pemangku kepentingan lainnya, Memberikan rekomendasi dampak lalu lintas, dan Korwas PPNS.
Lebih lanjut salah satu prioritas tugas Polantas adalah bagaimana meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka. Keselamatan memang sesuatu yang utama dalam berlalu lintas. Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari Political Will pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

Kapolda juga menuturkan empat (4) hal yang perlu dibenahi dan ditangani yakni Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Membangun budaya tertib lalu lintas, Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan Upaya peningkatan pelayanan publik di bidang lalu lintan dan angkutan jalan.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar