Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polres HSU Gelar Shalat Gerhana Matahari

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 26 Desember 2019

Polres Hulu Sungai Utara (HSU) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Shalat Gerhana Matahari dan istigasah di Halaman Polres HSU telah dilaksanakan Shalat Gerhana, Kamis (26/12/2019) pukul 12.30 wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Kompol Sukardi, S.H., M.H., para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres HSU, personil Polri , ASN, dan PHL Polres HSU serta Masyarakat sekitar Mapolres HSU.

Kegiatan diawali dengan Shalat Dhuhur berjamaah, dilanjutkan dengan tuntunan Shalat Sunnah Gerhana Matahari yang disampaikan Ustadz Asrani, yang juga sebagai imam Shalat Dhuhur dan Shalat Sunnah Gerhana Matahari.
Shalat Gerhana atau Shalat Kusuf adalah Shalat yang dikerjakan ketika terjadi Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan, baik itu Gerhana sebagian maupun Gerhana total.

“Sesungguhnya matahari dan bulan tidak mengalami gerhana disebabkan karena matinya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah shalat dan berdoalah hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian,” ujar Ustadz Asrani.

Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.I.K. melalui Kabag Ops Kompol Sukardi, S.H., M.H., menyatakan, bahwa kegiatan Shalat Gerhana adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam hadist Shahih Muslim.
"Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka shalat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai," ucapnya.

Ia pun mengatakan, shalat gerhana matahari ini dilakukan bersama jajaran untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan Polres HSU diberi keberkahan dan keselamatan dalam menjalankan tugas sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Giat ini kita lakukan tidak lain, untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Harapan kita, Polres HSU mendapat lindungan Allah SWT dalam menjalankan tugas sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” tutupnya. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar