Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolres HSU Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Pilkades 2019

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 18 November 2019

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tinggal menghitung hari.

Menyongsong pelaksanaan Pilakdes serentak ini, Polres HSU pun menggelar Apel Kesiapan Pengamanan di halaman Mapolres setempat, Senin (18/11/2019) pukul 08.00 - 09.00 wita.
Apel tersebut dipimpin Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.I.K.  dan dihadiri Bupati HSU diwakili oleh Ir. H. Supomo, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, S.Km., Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Amuntai, Kepala DPMD HSU H. Joharyadi, Komisioner KPU HSU Riza Anshari, Ketua MUI KH. Said Masrawan, Lc., para Pejabat Utama Polres HSU dan seluruh peserta Apel meliputi personil Polres HSU, Kodim 1001 Amuntai / Balangan, Dishub, Satpol PP dan Senkom.

Dalam arahannya, Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.I.K. mengharapkan Pilkades kali ini dapat berlangsung dengan aman, tertib dan damai.

“Tahapan Pilkades sudah dimulai, distribusi logistik sudah dilaksanakan, sortir dan penghitungan melibatkan panitia ditiap Kecamatan,” katanya.
Disampaikannya, pemungutan dan perhitungan suara tinggal 2 hari lagi, dimana pada tanggal 20 November nanti masyarakat di Kabupaten HSU melaksanakan Pilkades yang diadakan serentak di 75 Desa untuk memilih calon Kepala Desa pilihannya berdasarkan kriteria dan pilihan yang terbaik.

Semua tahapan ini, imbuhnya, harus disikapi dengan pengamanan profesional dan maksimal.

Menurutnya, dinamika kerawanan Pilkades lebih tinggi karena dekat dengan tahapan Pilkada, banyak aspek yang mempengaruhi kerawanan tersebut.
"Saya berharap semua stakeholder yang ada dan masyarakat serius untuk menghadapi even ini, tentunya bersama TNI dan seluruh komponen masyarakat siap mengamankan seluruh tahapan Pilkades 2019,” pungkasnya.

Lebih lanjut, dikatakan berbagai potensi kerawanan dapat terjadi pada saat pelaksanaan pemungutan suara seperti Adanya kefanatisan oleh pendukung salah satu peserta Pemilu tertentu pada saat pemungutan suara di TPS, Adanya manipulasi perolehan suara, Politik uang (Money Politik) dan Mobilisasi pemilih.

“Oleh karena itu dalam upaya mendukung penyelenggaraan Pilkada yang demokratis dan senantiasa menghormati keberagaman, aspirasi politik serta menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM, amaka Polres HSU berkewajiban mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pesta demokarsi tersebut,” tutur Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.I.K. dalam sambutannya.(Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar