Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kabid Humas Polda Kalsel Jadi Narasumber Rakernis Fungsi Intelkam 2019

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 29 Oktober 2019

Setalah dibuka oleh Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si diwakili Irwasda Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si, rapat kerja teknis (Rakenis) Fungsi Intelijen Keamaan (Intelkam) Polda Kalsel tahun 2019 menghadirkan narasumber Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’I, SIK.

Dalam materi yang diberikan, di Aula Mathilda Bhayangkari Polda Kalsel, Selasa (29/10/2019) ini, beliau menyampaikan materi tentang Fungsi Kehumasan dan Pengelolaan Media.

“Bidang Humas saat ini telah mendapat atensi lebih dari Pejabat Lama Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.“ ucapnya.
Perihal Pengelolaan Media, dimana pendekatan multi dimensi dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah di media sosial (Medsos), terutama soal hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan lain-lain. Hal-hal ini menjadi problem fundamental yang bisa mengancam keutuhan NKRI.

Kabid Humas menilai peradaban digital telah mengubah pola masyarakat dalam mengkonsumsi informasi, namun belum disertai dengan perubahan perilaku masyarakat untuk bijak bermedia sosial. Juga budaya verifikasi informasi masih belum mengakar untuk membedakan apakah informasi itu benar atau tidak.

Masalah mendasar itu diperparah oleh fanatisme politik yang berlebihan, sehingga hoaks dan kebencian semakin menggerus rasa kemanusiaan. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah penyebaran hoaks dari sekitar 20-an setiap bulan pada 2015, menjadi 100 per bulan di 2019 ini.
Menurutnya, Polri terus berupaya melawan masalah ini dengan fokus di tiga hal. Pertama upaya cek fakta untuk mengklarifikasi isu yang berpotensi meresahkan masyarakat.

Kedua, meningkatkan imunitas ketahanan informasi masyarakat, dengan terjun mengedukasi masyarakat dari berbagai kalangan. Berkolaborasi dengan lembaga dan organisasi lain, upaya ini sangat penting untuk memperkuat tingkat literasi digital masyarakat.

"Ketiga, untuk melawan polarisasi pihahnya mendorong gerakan silaturahmi. Mempertemukan para tokoh masyarakat, tokoh agama, elite politik, tokoh pemuda, melakukan rembug warga dengan topik bijak bermedia sosial. Ini sangat penting untuk merangkul sebanyak mungkin tokoh untuk bersama menjadi agen melawan hoaks dan kedustaan," papar Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’I, SIK.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar