Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Bakti Kesehatan Polri, Penyuluhan Kesehatan Gigi Bagi Anak Usia Dini

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 11 Oktober 2019

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengadakan Bakti Kesehatan ke TK / KB / PAUD Sun Shine Kayutangi Banjarmasin, Jum'at (11/10/2019).

Kegiatan ini digelar sebagai wujud bentuk pengabdian dan kepedulian Polri kepada masyarakat.

Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes. menerangkan kegiatan yang diberikan oleh Tim Dokkes kepada para peserta yang terdiri dari siswa siswi TK / KB / PAUD meliputi Penyuluhan kesehatan gigi dan pemeriksaaan gigi, Penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, 6 langkah cuci tangan, Pembagian leaflet/brosur tentang hand hygiene dan Pembagian sikat gigi dan pasta gigi kepada anak anak usia dini.

Selain itu 140 siswa dan 10 guru dan orang tua wali TK/ KB / PAUD Sun Shine diperiksa kesehatan giginya untuk mengetahui derajat kesehatan gigi dan mengedukasi agar familier dengan dokter gigi sehingga membiasakan diri sedari dini untuk kontrol ke fasilitas kesehatan.

“Kegiatan ini berlangsung dalam 3 tahapan, yaitu penyuluhan tata cara menyikat gigi yang baik, tahap kedua akan diberikan Topikal Aplikasi Flour (TAF) pada anak- anak yang gigi nya telah bersih dari lubang, dan tahapan ketiga akan dilakukan pengukuran dan uji coba tingkat pemahaman anak-anak TK melalui testing pengetahuan menggunakan Teknologi AR,” ujarnya.
“Diharapkan nantinya anak-anak TK akan memahami pentingnya tata cara menyikat gigi dan merawat gigi pada usia dini,” kata Kabid Dokkes.

Menurutnya, setiap anak itu perlu bimbingan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Maka dari itu keterlibatan orang tua dalam usaha menanamkan kesadaran untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut sejak dini itu sangat penting, mengingat bahwa pendamping terbaik dan terdekat siswa adalah orang tuanya sendiri,” terangnya.

Pada kegiatan ini, orang tua siswa juga diberi edukasi tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini”.

Maloklusi atau kondisi gigi yang tidak sejajar serta karies atau gigi berlubang dewasa ini menjadi permasalahan yang sering terjadi pada gigi anak-anak usia dini.

Pengobatan untuk kondisi maloklusi dan karies sekarang ini sangat banyak pilihannya, tetapi menanamkan pengetahuan sejak dini untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut akan lebih baik.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar