Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Turun Padamkan Kebakaran Lahan di Guntung Damar

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 25 September 2019

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel), Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si  beserta jajaran terjun langsung dan bahu membahu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang berada di Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Selasa (24/9/2019) pukul 14.00 Wita.

Dalam kegiatan ini Kapolda Kalsel didampingi oleh personil Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019 dan personil Mangala Agni.
Kapolda meminta masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, hutan, dan pekarangan pada musim kemarau panjang ini. Karena, meskipun sumber api kecil sekalipun sangat berpotensi menjadi kebakaran besar.

“Saya melarang masyarakat melakukan pembakaran lahan, hutan, dan pekarangan karena akan berdampak besar di musim kemarau ini,” kata Kapolda Kalsel saat berada di lokasi kebakaran.
Kapolda mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu turut memadamkan api kebakaran lahan dan hutan. Hal itu penting guna pencegahan supaya tidak merambah lebih luas.

“Saya mengajak masyarakat lebih peduli dan lebih sensitif agar membantu petugas untuk memadamkan lahan-lahan yang terbakar di sekitar lingkungannya,” ujar Kapolda.
Dia juga berharap, masyarakat melapor dan mendokumentasikan oknum-oknum yang melakukan pembakaran. “Bila perlu viralkan!. Biar menjadi petunjuk bagi petugas dalam melakukan penindakan,” tegasnya, seraya mengingatkan bahaya kebakaran hutan dan lahan bagi masyarakat.

Kapolda mengingatkan kepada para petugas di lapangan tetap solid dan menjaga sinergitas. “Perlu kesabaran walau dihadapkan dalam kegiatan pemadaman di sana sini dan jaga keselamatan dari api di lahan gambut yang tidak kelihatan,” ujarnya.
Kapolda juga memastikan, pihaknya akan melakukan penyelidikan penyebab Karhutla. Ia pun mengharapkan peran serta masyarakat sekitar menjaga alam.

“Saya harap masyarakat sadar untuk tidak melakukan pembakaran lagi dengan tujuan apapun,” tegas Jenderal bintang dua itu.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar