Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Wakapolda Kalsel Pimpin Upacara Peringatan ke-74 Kemerdekaan RI

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 16 Agustus 2019

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) berlangsung sederhana dan penuh khidmat. Seluruh Pejabat Utama dan personil Polda Kalseltampak khusyu melaksanakan upacara yang digelar di Lapangan Upacara Mapolda Kalsel, Sabtu (17/8/2019) pukul 07.00 wita.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin dan selaku Komandan Upacara AKBP H. Mujiono Darmo Salim dari Dit Polairud Polda Kalsel, dengan peserta upacara Irwasda, Pejabat Utama Polda Kalsel, personil Polri dan PNS Polda Kalsel.
Wakapolda dalam sambutannya membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. yang menyampaikan untuk selalu mengenang pengorbanan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, upacara ini juga merupakan momentum penting bagi kita semua untuk senantiasa menggelorakan semangat kejuangan dalam mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata pada bidang pengabdian kita selaku Insan Bhayangkara.

Indonesia adalah negara yang besar, yang memiliki wilayah sepanjang 5.428 Km, memiliki 17.506 Pulau, serta Garis pantai sepanjang 99.093 Km. Indonesia juga dianugerahi sumber daya alam yang beragam dan melimpah seperti keanekaragaman Flora dan Fauna, Bahan Tambang, Pertanian, Perkebunanan, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan dengan jumlah penduduk lebih dari 263 Juta Jiwa sehingga Indonesia menjadi Negara berpenduduk terbesar ke empat di dunia.
Guna mewujudkan Indonesia sebagai negara yang dominan, tugas dan tanggung jawab Polri selaku pemelihara keamanan dalam negeri memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mengawal berbagai program pembangunan nasional.

Realitas ini mendorong Polri untuk senantiasa meningkatkan profesionalismenya dalam menghadapi dinamika tantangan tugas yang semakin tinggi. Terlebih lagi dengan perkembangan globalisasi pada era demokrasi saat ini, Polri semakin dituntut untuk terus meningkatkan eksistensinya untuk meraih kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi negara.
Komitmen kuat telah ditunjukkan oleh institusi Polri melalui berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan dalam wujud Program Promoter. Upaya ini menitikberatkan pada 3 (tiga) kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media. Ketiganya harus dilaksanakan secara sinergis dan berkelanjutan, agar kepercayaan publik sebagai target utama dapat diraih dan terus ditingkatkan.

Kapolri juga mengingatkan dalam upacara peringatan ke-73 Hari Bhayangkara tahun 2019, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada Institusi Polri. Salah satunya tentang Peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri. Hal tersebut merupakan implementasi agenda pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing”.
Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran rencana kerja pemerintah tahun 2020, yaitu “Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini.

Lebih lanjut Kapolri dalam amantnya juga menyampaikan dalam tataran operasional, Polri akan menghadapi berbagai agenda nasional, sebagai tahapan akhir pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, dan DPR RI, serta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2019. Pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan Pengamanan Hari Raya Natal tahu 2019 dan Tahun Baru 2020.
Oleh Karena itu Kapolri berpesan kepada seluruhg jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. “Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata,” ucap Kapolri dalam amanatnya.

Menutup amanatnya, Kapolri menekankan kepada seluruh personel Polri, diantaranya Implementasikan nilai-nilai luhur kejuangan yang telah diwarisi para pahlawan, dengan senantiasa memberikan pengabdian terbaik sebagai insan Bhayangkara sejati, jaga soliditas internal, tingkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan bangun semangat berprestasi untuk mewujudkan Polri yang semakin dicintai rakyat, tingkatkan terus soliditas dan kerja sama sinergis dengan TNI, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholders lainnya dalam mengawal dan mengamankan berbagai agenda Kamtibmas ke depan, bangun terus komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif, dukung secara aktif agenda pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional melalui tindakan kepolisian yang sejalan dan produktif.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar