Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Rekonsiliasi Simak BMN dan Penyusunan Laporan Keuangan Jajaran Polda Kalsel Semester I T.A. 2019

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 08 Juli 2019

Kepala Biro Logistik Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Kombes Pol Drs. Bambang Hermanto, SH. yang didampingi Kepala Bidang Keuangan Kombes Pol Hermawan, SIK. membuka langsung giat Rekonsiliasi Simak BMN dan Penyusunan Laporan Keuangan jajaran Polda Kalsel Semester I/T.A 2019, bertempat di Cafe Nostalgia, Senin (8/7/2019) pagi.

Rekon yang bertemakan “Dengan Semangat Mempertahankan WTP Kita Wujudkan Integrasi Data Laporan Barang dan Laporan Keuangan Yang Promoter”, Karo Logistik menyampaikan, bahwa tanggung jawab penyusunan, penyajian laporan keuangan (Saiba) dan laporan barang (Simak BMN) berbasis akrual merupakan kegiatan penting dalam rangka pertanggung jawaban keuangan secara periodik dan akurat. Kedua laporan tersebut diatas saling mendukung, data barang yang benar akan memberikan laporan penggunaan dan kondisi keuangan yang benar.

Keberhasilan penerapan akuntansi berbasis aktual selain membutuhkan keahlian dan keterampilan dibidang akuntansi namun yang tak kalah penting adalah adanya kesadaran dan semangat untuk melaksanakannya, tidak ada alasan opini BPK menjadi turun akibat perubahan basis akuntansi.
Sejak basis akrual peranan aplikasi persediaan dan Simak-BMN yang dilakukan oleh para penyusun laporan BMN berpengaruh sangat besar dalam penyusunan laporan keuangan kementerian lembaga (RK-KL). Dengan bergabungnya rekonsiliasi simak bmn pada penyusunan laporan keuangan Polda Kalsel semester I TA.2019, diharapkan terjalin sinergi dan saling pengertian dalam menyusun laporan keuangan Polri lebih khusus laporan Polda Kalsel yang berkualitas, untuk itu para operator harus mahir dan teliti dalam membuat jurnal secara manual, terlebih dahulu untuk mengisi data di aplikasi Saiba agar terbentuk laporan keuangan yang baik dan benar.

Mengingatkan dan menghimbau perlunya koordinasi dan komunikasi antar satuan kerja pada saat penerimaan BMN, untuk pencatatan/input pada aplikasi persediaan dan Simak BMN di haruskan para pejabat pengadaan dan penerima barang memberikan dokumen sumber/adk kepada para operator Simak BMN untuk seem meinginput dalam aplikasi Simak BMN agar tidak terjadi selisi pada laporan neraca keuangan.

Bahwa perubahan basis pelaporan keuangan dari kas menuju akrual menjadi basis akrual tidak hanya membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan, namun juga membutuhkan standar oprating dan prosedur (SOP) agar aliran informasi keuangan dapat di akuntansikan.
Pada tahun 2019, akuntansi pemerintahan kita akan mengalami penyempurnaan lebih lanjut, antara lain dengan terbitnya PMK (NO.251/PMK.06/2015) tentang tata cara amortisasi barang milik negara berupa aset tidak berwujud pada entitas pemerintah pusat agar proses amortisasi tersebut dapat berjalan lancar, tentunya harus dilakukan inventarisasi atas nilai dan kebenaran aset tak berwujud yang telah tercatat dalam Simak BMN.

Keberhasilan penerapan akuntansi berbasis akrual selain membutuhkan keahlian dan keterampilan dibidang akuntansi namun yang tak kalah penting adalah adanya kesadaran dan semangat untuk melaksanakannya. tidak ada alasan opini BPK menjadi turun akibat perubahan basis akuntansi. adanya pemahaman personel Polri dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan berbasis akrual di tahun 2019, sehingga pelaporan keuangan Polri lebih transparan dan akuntabel untuk mempertahankan penilian BPK RI yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Sebagai langkah antisipasi kedepan, kementerian negara/lembaga (khusus Polda Kalsel) agar melakukan telaah terlebih dahulu atas laporan keuangan yang disusunnya pada tiap jenjang unit akuntansi mulai dari level satker, wilayah, eselon 1 sampai dengan level kementerian negara/lembaga, agar kebenaran dan keakuratan laporan keuangan dapat memberikan nilai yang dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan ketentuan keuangan negara yang berlaku sampai saat ini.
Dalam akhir sambutan, Karo Logistik juga berpesan kepada para peserta atau para operator baik keuangan maupun Ssimak BMN sebagai berikut :
  1. Laksanakan kegiatan rekonsiliasi Simak BMN dan penyusunan laporan keuangan semester I T.A. 2019 dengan baik, sampaikan data yang benar dan akurat;
  2. Serahkan data/dokumen yang dimintakan/yang harus dipenuhi sebagai kelengkapan laporan;
  3. Jalin komunikasi dengan pembina fungsi ketika menemukan permasalahan di wilayah;
  4. Laksanakan tugas dengan keikhlasan dan sepenuh hati, saya yakin dan percaya tugas yang diemban para operator sama mulia dengan tugas anggota lainnya yang berprestasi dan rajin.
Turut hadir dalam giat rekon ini para Pamen dan Pama Biro Logistik dan Bidang Keuangan Polda Kalsel serta para operator Simak BMN Satker Polda dan Polres jajaran. Giat rekon ini direncanakan berjalan selama 3 hari dari tanggal 8 s/d tanggal 12 Juli 2019.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Bripka Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar