Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Bhabinkamtibmas HSU Edukasi Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 Juni 2019

Pelajar sangat rentan jadi korban kecelakaan berlalu lintas.

Belajar dari hal tersebut, maka tata tertib berlalu lintas di jalanan umum tentu perlu diperkenalkan kepada generasi muda sejak usia dini.

Salah satunya melalui Acara Bimbingan Keselamatan Lalu Lintas.

Dalam sambutannya Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S.IK melalui Bhabinkamtibmas Desa Jingah Bujur Bripka Djayeng mengatakan, pendidikan dan etika tata tertib lalu lintas memiliki nilai strategis yaitu Long Life Education.

"Sehingga diharapkan pemahaman tertib lalu lintas dapat diketahui sejak awal, serta bisa menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya di Desa Jingah Bujur, Minggu (23/6/2019).
Acara yang diikuti sebanyak 36 peserta tingkat MAN dan Tsanawiyah ini, merupakan bagian dari pelajaran tata krama, sopan santun, yang perlu diajarkan kepada para pelajar untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan di jalan.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan generasi muda yang memiliki etika berlalu lintas, yang bisa menjaga keselamatan dirinya ataupun orang lain, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan angkutan di jalan.

Menurut Bripka Djayeng, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian generasi muda, khususnya di kalangan pelajar tentang keselamatan jalan. Serta membentuk karakter dalam membangun dan mewujudkan budaya keamanan, keselamatan lalu lintas jalan, sebagai wujud aktualisasi UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Bhabinkamtibmas mengatakan Save Lives Slow Down (Sayangi nyawa kurangi kecepatan), yang bermakna peningkatan keselamatan berlalu lintas di jalan dapat diciptakan dengan pengendalian kecepatan dalam berkendara, sehingga akan mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan.

Bimbingan dilaksanakan dengan metode tanya jawab soal seputar peraturan berlalu lintas, yang soalnya dibuat oleh Bhabinkamtibmas  Bripka Djayeng, diharapkan dengan kegiatan ini para remaja yang mayoritas belum memiliki SIM ini kedepannya mampu menjawab soal ketika mengikuti tes teori pembuatan SIM dan mampu mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam berlalu lintas sehingga terwujudnya keamanan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas.

Diakhir kegiatan Bhabinkamtibmas memberikan hadiah kepada peserta terbaik bimbingan yaitu yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar. (Polres HSU)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar