Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Vicon Bersama Kapolri Bahas Perkembangan Situasi Kamtibmas, Evaluasi Pengamanan Pilpres Dan Pileg 2019 Serta Membahas Pengamanan Idul Fitri 1440 H

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 08 Mei 2019

Bertempat di Pusdalsis Mabes Polri berlangsung Video Conference (Vicon) yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., diikuti seluruh Pejabat Utama Mabes Polri dan jajaran Kapolda, Selasa (7/5/2019) pukul 14.30 Wita.
Video Conference yang juga diikuti oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si didampingi Irwasda Polda Kalsel dan Pejabat Utama Polda Kalsel di Ruang Rupatama Polda Kalsel ini membahas tentang Perkembangan Situasi Kamtibmas, Evaluasi Pengamanan Pilpres Dan Pileg 2019 Serta Membahas Pengamanan Idul Fitri 1440 H.

Kegiatan diawali dengan paparan Kabaintelkam Polri yang menyampaikan perkembangan situasi saat ini baik terkait situasi politik pasca Pileg dan Pilpres,  perkembangan harga pangan dan situasi selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.
Paparan dilanjutkan oleh Asops Kapolri yang menyampaikan secara umum pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar dan saat ini memasuki tahapan pengamanan sidang pleno serta dalam pengamanan Penetapan Pemenang Pilpres oleh KPU pada tanggal 22 Mei 2019, Polri telah menyiagakan kurang lebih sebanyak 10.000 personel Brimob Nusantara dan 8.600 personel Dit Samapta yang akan membackup pengamanan Polda Metro Jaya. Selain itu Asops Kapolri juga menyampaikan rencana operasi Ketupat 2019 tentang kesiapan pengamanan Arus Mudik,  Idul Fitri dan Arus Balik tahun 2019.

Kemudian, Irwasum Polri mengingatkan dalam pengelolaan anggaran operasi agar dibuatkan laporan pertanggung jawaban yang benar, bagikan anggaran anggota H-1 sebelum melaksanakan operasi serta hindari terjadi duplikasi.
Dalam kesempatan tersebut Kakorlantas Polri menyampaikan volume arus mudik dan balik tahun 2019 yang diprediksi akan naik sebesar 30%. Selain itu masih ada permasalahan ruas tol dari jawa baik pembangunan maupun perbaikan jalan, pembangunan dan perbaikan tersebut akan diberhentikan 10 hari sebelum Idul Fitri dan 7 hari setelah Idul Fitri. Untuk menghindari penumpukan volume kendaraan saat arus mudik dan balik, Polri akan melakukan rekasaya lalu lintas yaitu akan memberlakukan sistem satu arah mulai dari Tol Cibitung hingga Palimanan serta akan melaksanakan pembatasan kendaraan besar pada tanggal 1-2 mei 2019 sedangkan selesai lebaran tanggal 8-9 mei 2019.

Dalam kesempatan tersebut,  Kapolri menyampaikan bahwa Operasi Mantap Brata 2019 yang saat ini memasuki tahap penghitungan oleh KPU, selama proses penghitungan harus mendapat pengamanan dan pengawalan oleh TNI Polri baik di KPU maupun Bawaslu tingkat kota,  daerah dan Pusat. Dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat 2019, Kapolri menekankan untuk jajaran berkoordinasi dengan instansi terkait baik ditingkat daerah maupun tingkat pusat, tekan terjadinya kecelakaan utamanya di jalur laut, jaga stabilitas harga pangan, hindari terjadi aksi sweeping oleh ormas dan waspadai aksi terorisme.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar