Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Ipda Indra Wahyu W, S.H. resmikan pembagunan toilet umum di desa Sei Salai kab. Tapin

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 12 April 2019

Pembangunan jamban umum di ds sei salai hilir kec Candi Laras Utara Kab Tapin telah selesai dibangun dan Pada hari Kamis, 11 April 2019 dan telah dilakukan Peresmian pembangunan Jamban / toilet umum tersebut.





Hadir dalam acara tersebut Kapolsek CLU Ipda Indra wahyu w, S.H., Kades sei salai Hilir Fakhrian beserta aparat desanya, dr PT. Hasnur Group diwakili Bpk. Tatang, dari PT. KPP dan masyarakat ds sei salai hilir. Setelah diresmikan dan melihat hasilnya Alhamdulilah Jamban/toilet tersebut boleh disebut "Jamban paling layak/bagus yang dibangun untuk warga desa pelosok".

Jamban yang dibangun tersebut lantainya terbuat dari keramik, bilik toilet itu lebih luas, dilengkapi air ledeng dan sabun cuci tangan. Bagusnya lagi jamban/toilet yang dibangun itu menjunjung tinggi nilai gender, etika dan kesopanan, yaitu antara toilet pria dan perempuan dibuat terpisah selain itu juga ada tempat wudhu yang tertutup jadi apabila hujan warga yang akan melaksanakan sholat tidak kehujanan.

Jamban/Toilet desa itu dibangun di tempat strategis, artinya mudah dijangkau warga desa dan masyarakat umum. Dijelaskan Ipda Indra Wahyu SH, latar belakang pembangunan jamban ini dilatarbelakangi kondisi alam dan kehidupan masyarakat setempat. Wilayah CLU didominasi hampir 85 persen adalah perairan/ sungai, sehingga sungai adalah urat nadi kehidupan masyarakat setempat.

Demi menciptakan sungai yang bersih, enak dipandang dan warganya sehat dan terhindar dari penyakit diare, muntaber dan gatal-gatal, maka solusi praktisnya memindahkan jamban yang berada di bantaran sungai, dipindah ke darat, jelas Ipda Indra Wahyu SH. Jamban berstandar ini akan menjadi pilot project untuk desa-desa lainnya.

Program pembangunan jamban sehat berstandar kesehatan ini atas Inovasi Kapolsek CLU Ipda Indra yang dinamakan "GERAKAN PINDAH JAMBAN DARI SUNGAI KE DARAT" dengan bekerjasama CSR dari PT Hasnur Group dan PT KPP.

0 komentar:

Posting Komentar