Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kompol Tri Hambodo, SIK Supervisi Gakkumdu Pilpres Dan Pileg 2019

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 07 Maret 2019

Dalam rangka penyamaan persepsi pola penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilihan Legislatif (Pileg) ddan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) melalui Kasubdit 1 Kompol Tri Hambodo, SIK melakukan Supervisi, Kamis (7/3/2019).

Sentra Gakkumdu memiliki peran yang makin kuat dalam upaya penindakan pelanggaran Pemilu. Personil Gakkumdu tidak hanya dituntut untuk mampu memahami dan menjalani aturan perundang-undangan, namun juga harus satu persepsi dalam menjalankan tugas.
“Menyamakan persepsi antara Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu dalam rangka penanganan pelanggaran pemilu merupakan langkah strategis. Terkait dengan pemahaman hukum yang ada, harus  didukung dengan baik dari kejaksaan maupun kepolisian, sehingga dapat lebih menguatkan lembaga Bawaslu,” kata Kompol Tri Hambodo, SIK.
Selain itu Kompol Tri Hambodo, SIK mengingatkan, Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019 memiliki tantangan tersendiri bagi pengawas pemilu. Pasca disahkannya  UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, organisasi Pengawas Pemilu memang sudah disiapkan untuk menjawab tantangan itu.

“Diperkuatnya personil dan sekretariat Bawaslu Provinsi serta transformasi Panwaslu Kabupaten/Kota menjadi Bawaslu Kabupaten/Kota diharapkan mampu mengawal penyelenggaraan Pemilu 2019 yang untuk pertama kalinya akan dilaksanakan secara serentak. Penguatan organisasi Pengawas Pemilu harus diimbangi dengan sumber daya pengawas yang andal dan kapabel terutama dalam upaya menindak pelanggaran yang terjadi selama Pemilu,” pungkas Kompol Tri Hambodo, SIK.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar