Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polres Tanah Laut Gelar Upacara Hari Peduli Sampah Nasional

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 21 Februari 2019

Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, S.IK., MH memimpin upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bertempat di TPA Bakunci Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kamis (21/2/2019).

Hadir dalam upacara tersebut Wakapolres Tanah Laut Kompol Arief Himawan, SH, Pejabat Utama, Ketua Bhayangkari Cabang Tanah Laut Ny. Nency Sentot Adi Dharmawan beserta Pengurus Bhayangkari, Kapolsek jajaran, personil Polres Tanah Laut, Polsek Jajaran Tanah Laut, bersama Jajaran Polres Tanah Laut, Kodim 1009 Pelaihari, Pemkab Tanah Laut, dan Masyakarat Tanah Laut.
Dalam sambutannya Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, S.IK, MH menyampaikan bahwasanya hari ini merupakan memperingati 14 tahun Hari Sampah Nasional. Pada tahun 2005 telah terjadi bencana lingkungan ditempat pembuangan akhir Leuwi Gajah, Jawa Barat, yang disebabkan oleh buruknya pengelolaan sampah.

Bencana tersebut, akibat longsoran dan ledakan gas metana dari timbunan sampah, yang disertai banjir, bukan hanya menenggelamkan dua kampung padat penduduk, namun juga merenggut 157 korban meninggal dunia. Peristiwa inilah yang melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.
“Saya berharap, upacara HPSN ini, akan menjadi titik awal bagi semua pemangku kepentingan, untuk segera melakukan aksi nyata, dengan mengkampanyekan, mengedukasikan dan memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk menerapkan budaya 3R (Reduce, Reuse and Recycle) dalam kehidupan sehari – hari,” terang Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, S.IK, MH.

Reduce adalah mengurangi segala susuatu yang mengakibatkan bertambahnya volume sampah, selanjutnya Reuse yaitu Gunakan kembali sampah yang masih dapat dipakai dan terakhir Recycle yang artinya mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang bermanfaat. (Polres Tala)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar