Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Sterilisasi Gereja, Polda Kalsel Turunkan K9

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 24 Desember 2018

Menjelang Misa Natal yang akan dilaksanakan Senin (24/12/2018), Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan sterilisasi di seluruh gereja yang ada di Kalsel, tak terkecuali di Kota Banjarmasin.

Sterilisasi dilakukan melibatkan tim unit satwa anjing K-9 dan tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Brimobda. Tiap sudut gereja, kursi, mimbar, bahkan rangkaian bunga di depan altar tak luput dari pemeriksaan polisi. Sterilisasi oleh Jibom merupakan standard operational procedur (SOP) kepolisian untuk mengantisipasi adanya benda mencurigakan atau bahan peledak dan hal lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah.

“Demi memberikan kenyamanan kepada umat Kristen dalam menjalankan hari raya Natal, anggota akan kita turunkan untuk sterilisasi di gereja-gereja di Kalsel,” ungkap Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifa’I, SIK, kemarin (24/12/2018) pagi.

Pelaksanaan pengamanan ini, kata mantan Kepala SPN Banjarbaru ini, tidak hanya pada malam misa atau perayaan Natal saja, melainkan sampai tahun baru. Karena pada malam tersebut masyarakat semakin meningkat. Tidak hanya dari Banjarmasin saja, melainkan dari berbagai kabupaten, bahkan dari luar Kalsel.
Ribuan personil diturunkan ke lapangan untuk melakukan pengamanan dengan sandi Lilin Intan 2018. Mereka menjalankan tugas pengamanan selama sepuluh hari kedepan dimulai Minggu (23/12) hingga Selasa (1/1/2019) mendatang.

“Personil yang diturunkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru sebanyak 1.654 orang," sebutnya.

Dalam menjalankan pengamanan, Polda Kalsel dibantu dari personil TNI, stake holder lainnya. Dengan kekuatan besar itu cukup dalam pelaksanaan pengamanan diseluruh masyarakat.  Pengamanan akan dilaksanakan di seluruh gereja yang ada di Kalsel, pengamanan lalu lintas jalan raya, tempat rekreasi, mall serta tempat-tempat yang menjadi tempat berkumpulnya massa. Sebab biasanya akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat.

“Kta akan tempatkan personil baik berpakaian dinas maupun preman, melakukan kegiatan patroli preventif disetiap kegiatan umat Kristen,” jelasnya.

Agar, umat Kristen yang akan menjalankan ibadah Misa bisa merasa aman dan tenang. "Semoga perayaan natal dan pergantian tahun berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana," harapnya.

Sterilisasi oleh Jibom merupakan standard operational procedur (SOP) kepolisian untuk mengantisipasi adanya benda mencurigakan atau bahan peledak dan hal lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah. Polisi juga mengerahkan anjing pelacak (K9) dalam sterilisasi tersebut.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar