Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Ketua Bhayangkari Kalsel Jadi Narasumber Pelatihan Damas – PKK Provinsi Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 30 November 2018

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (Damas – PKK) tahun 2018, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (29/11/2018) sebagai refleksi peran utama  yang menggambarkan mitra Pemerintah untuk mengajak warga dalam segenap upaya pembangunan yang dilaksanakan.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Hj. Raudatul Jannah, SKM, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Kalimantan Selatan Ny. Rinny Yazid Fanani selaku narasumber, serta seluruh Ibu ibu PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pada kesempatan ini Ketua Bhayangkari Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, semoga menghasilkan sesuatu yang berarti untuk eksistensi lembaga Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Selaku narasumber Ny. Rinny Yazid Fanani membawakan materi terkait “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak”. Dimana dalam paparan Ny. Rinny Yazid Fanani menjelaskan Situasi yang terjadi sekarang yang mana saat orangtua berkerja Nanny/Mbak Pengasuh menjadi teman anak sehingga minimnya waktu pertemuan antara orang tua dan anak untuk berkomunikasi.

Semakin berkurangnya waktu pertemuan tersebut juga membuat perkembangan gadget semakin pesat sehingga muncul istilah gadgetmania atau julukan bagi pecandu gadget yang sudah merajalela ke semua kalangan.

Salah satu hal yang membuat anak jengah yakni Peraturan Disiplin satu arah dari orangtua. Guna mencegah hal tersebut terjadi untuk itu orangtua harus menjadi “Teman Bermain” anak dan memakai sistem “Bermain Adalah Belajar”.
Ny. Rinny Yazid Fanani juga menjelaskan beberapa hal terkait Gadget meliputi Transpormasi Digital, Generasi Baby Boomers (Lahir Pada Rentang Tahun < 1960), Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980), Generasi Y – Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994), dan Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010).

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, Dampak pengguna Gadget, Faktor risiko kecanduan Gadget, Gejala kecanduan Gadget, Masalah sosial dan perilaku anak dengan kecanduan Gadget, Dampak kecanduan Gadget terhadap perilaku dan kesehatan, dan Upaya menekan ketergantungan Gadget.

Pada kesimpulannya, Ny. Rinny Yazid Fanani mengharapkan kepada orang tua agar bijak di era milenial terlebih anak merupakan peniru ulung sehingga orang tua dapat tetap berkomitmen pada kesepakatan yang telah dibangun.
Sadar atau tidak apa yang orangtua lakukan/ucapan akan ditiru anak karena anak merupakan cerminan orang tua oleh karena itu orangtua perlu memberikan keteladanan.

Ny. Rinny Yazid Fanani juga mengajak orang tua untuk membangun komunikasi terbuka dengan anak (2 arah) guna terciptanya kehidupan yang balance dan setting the priority (mengatur prioritas).

“Anak adalah unik memiliki kelebihan dan kekurangannya justru menjadi keunikan yang membedakannya dari anak lain,” tuturnya.

“Anak tetaplah anak-anak, mereka bukan orang dewasa mini sehingga biarkan mereka menikmati dunia anak-anaknya,” tutup Ketua Bhayangkari Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar