Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Korban Bencana Alam Dapat Terapi Trauma Healing Dari Polda Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 12 Oktober 2018

Pasca ketibaan Tim Trauma Healing Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) di Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) para personel Polri baik Polki, Polwan maupun Bhayangkari Kalsel membantu menormalisasi psikis para korban gempa bumi dan tsunami.

Tim kemanusiaan Polda Kalsel ini tergabung dalam Tim Trauma Healing Polwan Satgas RI dan Bhayangkari Indonesia dengan tugas memulihkan kondisi psikologis para korban bencana alam.
Kali ini Tim melaksanakan Trauma Healing kepada anak anak dan orang tua korban gempa bumi dan tsunami, Jum’at (12/10/2018) bertempat Di Petobo Kecamatan Palu Selatan Jalan H.M Suharto, Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan tersebut diawali dengan Do’a Bersama dilanjutkan dengan Permainan, Menyanyi Bersama, Berbagi Cerita dan Makanan Ringan. Tujuan kegiatan tersebut yakni menyembuhkan/meringankan beban seseorang atau sekelompok orang yang tergoncang jiwanya pasca bencana lama yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah beberapa waktu yang lalu.
Dengan penuh kasih rombongan yang dikomandoi Kabag Psikologi Ro SDM Polda Kalsel AKBP Novian Susilo, S.Psi., MM dan Mayang Sari dengan beranggotakan AKBP Elvi Yunita Welong, SS, AKBP Ipur Handayani, SH, AKP Sri Mining, Ipda Rosmalina, Ipda Tri Lestari, SE (Bhayangkari), Kompol Tri Menti, SAP., MAP, AKP Amalia Afifi, SH, AKP Irmina Indaryanti, Ipda Yara Ulfa Riyani, S.Tr.K, Brigadir Halimatus Saniah, SH, Bripda Okky Rosmalinda, Bripda Nitinoor, Bripda Diah Sekar Ayu Meiristia Putri (Polwan), Brigadir Yudha Krisyanto, Brigadir I Putu Gede Artawan, Bripda Mega Karmila (Bid Humas), Aipda Didi Hartono, Bharada Hayatullah, dan Bharada Alfin Apriyanto (Sat Brimob) mengajak bermain, bernyanyi, dan menggambar kepada anak-anak yang menjadi korban bencana alam. Anak-anak pun telah ceria kembali dan berhasil melupakan rasa trauma dan takut akan bencana alam yang melanda mereka.

Kabag Psikologi Ro SDM Polda Kalsel AKBP Novian Susilo, S.Psi., MM menjelaskan bahwa, Tim Relawan Polda Kalsel yang BKO ke Palu dalam Misi Kemanusiaan tidak hanya memberikan trauma healing saja, tetapi juga membantu evakuasi dan pendistribusian bantuan bahan makanan.
“Tim relawan Polda Kalsel bertugas ke Palu dalam misi kemanusiaan tidak hanya memberikan trauma healing saja, tetapi juga membantu evakuasi dan pendistribusian bantuan bahan makanan” ucap Kabag Psikologi Ro SDM Polda Kalsel.

Personel Polri memang ditugaskan secara penuh untuk melakukan Trauma Healing pada korban pasca terjadinya gempa dan tsunami di Palu-Sigi-Donggala. Tim ini diharapkan bisa berkontribusi dalam membantu memulihkan trauma dan mental para korban setelah mengalami kejadian bencana.

Giat yang dilaksanakan ini sangat penting, khususnya bagi anak-anak guna memulihkan psikis atau kejiwaan dari para korban sehingga dengan hadirnya Polri di tengah – tengah masyarakat diharapkan dapat menanggulangi para korban gangguan psikis dan dapat meminimalisasi timbulnya gangguan yang lebih berat.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar