Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolsek Hantakan Damaikan Warga Desa Haruyan Dayak yang Berebut Sumber Mata Air

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 25 September 2018

Sesuai dengan arahan dari Kapolres Hulu Sungai Tengah (HST) AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. bahwa Bhabinkamtibmas Polres HST wajib untuk melakukan tindakan penyelesaian masalah (Problem Solving) warga binaannya.

“Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No.3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan,” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Menyikapi arahan dari Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., para Bhabinkamtibmas pun selalu hadir ditengah – tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Hantakan Iptu Tarjono bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Haruyan Dayak dan aparat Desa memediasi warganya yang sedang bertikai.

Bertempat di kantor kantor Desa Haruyan Dayak, Kapolsek Hantakan melakukan mediasi terhadap adanya permasalahan antara 2 warga Kampung Muara Biang Desa Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan terkait perebutan sumber air tempat kebutuhan sehari-hari yang berujung pertikaian dengan pengancaman, Senin (24/9/2018) pukul 12.00 wita.
Kesalahpahaman ini melibatkan dua orang warga yakni Solihin (50) dan Karba (60) yang keduanya merupakan warga Kampung Muara Biang Rt.07 Desa Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Kapolsek Hantakan dibantu Kepala Desa memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak dan mempertemukan keduanya di Kantor Kepala Desa. Dengan memanggil keluarga dari kedua belah pihak, maka permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kedua belah pihak telah bersepakat untuk berdamai dan telah menandatangani surat perjanjian perdamaian yang disaksikan oleh keluarga dan Kepala Desa,” kata Kapolres HST.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. mengapresiasi kegiatan para anggotanya dalam memecahkan permasalahan yang ada di wilayah hukumnya.

“Permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan untuk mengantisipasi permasalahan yang lainnya,” ungkap Kapolres HST. (Polres HST)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar