Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polda Kalsel Perkuat Sosialisasi Cegah Paham Radikalisme

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 15 Agustus 2018

Untuk mencegah munculnya Paham Radikalisme di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Sosialisasi Upaya Pencegahan Paham Radikalisme, bertempat di Masjid Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Rabu (15/8/2018) pukul 13.15 Wita.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Bambang Priyo Andogo diwakili AKP Sugeng RiyantS.AP, MH. (Panit 3 Subdit Kamneg Dit Intelkam Polda Kalsel), Bapak Budiono (Kasubdit Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air dari Kesbangpol Kota Banjarmasin), dan Bapak Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd.
Selain itun kegiatan ini juga dihadiri para Dosen dan Mahasiswa Mahasiswi dari beberapa Fakultas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dengan jumlah kurang lebih 100 orang.

Dalam acara tersebut, Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Bambang Priyo Andogo diwakili AKP Sugeng RiyantS.AP, MH. menjelaskan, mengenai ciri Paham Radikal ada empat, salah satunya intoleran. “Kelompok yang tidak sepaham biasanya dibilang kafir,” ucapnya.
Perwira polisi berpangkat tiga balok dipundak ini menambahkan, tiga ciri lainnya, yaitu Penganut Radikalisme sangat fanatik terhadap madhab tertentu. Golongan ini juga lebih suka melakukan peribadatan sendiri bersama kelompoknya. Sangat jarang pengikut Paham Radikal mau menjalankan ibadah dengan aliran lain meskipun sesama Islam. “Mereka juga sangat menghendaki perubahan dalam bentuk revolusi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan bahwa dari hasil riset, motif teror yang dijalankan pengikut Paham Radikal 45,5 persen dilandasi ideologi agama. Kasus ini bisa dilihat di Timur Tengah yang berkembang paham ISIS yang belakangan diikuti segelintir warga Indonesia. Sementara 20 persen lagi dipicu solidaritas komunal.
Ancaman pengaruh itu disadari betul. Karena itu Dosen dan Mahasiswa Mahasiswi dari beberapa Fakultas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin diajak belajar mengenali ajaran Paham Radikal termasuk kenapa warga bisa terpengaruh dan menjadi pengikutnya.

Dalam kesempatan ini, Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Bambang Priyo Andogo diwakili AKP Sugeng RiyantS.AP, MH. menyerahkan Cinderamata berupa 100 Al Quran dan 10 Mukena kepada pihak Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. 


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar