Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan, Ini yang Dilakukan Polisi di Tengah Kobaran Api

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 11 Agustus 2018

Personel dari Direktorat Samapta Bhayangkara (Dit Sabhara) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) sukses memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan gambut yang terjadi di wilayah Kalimantan Selatan, Sabtu (11/8/2018). Pemadaman yang dilakukan akhir pekan lalu ini cukup merepotkan karena alat yang digunakan untuk memadamkan sederhana.

"Sejak awal kita kita mengimbau masyarakat khususnya di wilayah hukum Polda Kalsel agar tidak melakukan pembakaran lahan. Namun masih ada saja pihak-pihak yang melakukan pembakaran lahan," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana diwakili Direktur Sabhara Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Muhamat Khosim, M.Hum.

Kebakaran lahan gambut sekilas memang tidak terlihat api di atas permukaan. Namun kondisi asap tetap muncul dari bawah. Kondisi lahan gambut yang terbakar memang sulit untuk dilakukan pemadaman. Ini karena bara api berada di bawah.
"Semangat seluruh personel dilapangan sangat tinggi, sehingga peralatan sederhana bukan menjadi kendala dalam pemadaman Api. Pemadaman secara dini ini sangat penting dilakukan karena struktur tanah di Kalimantan Selatan ini sebagian besar adalah lahan gambut yang mudah terbakar dan kalau sudah terbakar sulit untuk memadamkannya, karena api berada dibawah tanah," jelas Dir Sabhara Polda Kalsel.

Terkait kebakaran ini, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana yang telah mengeluarkan Maklumat tentang Kebakaran Hutan dan Lahan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama bahu membahu menjaga lingkungannya, "Jangan membakar lahan kalau kita mengolah lahan," kata orang nomor satu di Polda Kalsel itu.

"Masalah kebakaran hutan dan lahan bukan semata mata menjadi tanggung jawab Polisi. TNI dan Pemda, tetapi menjadi tanggung jawab bersama," pungkasnya. Kebakaran disebabkan iklim dan ada juga yang karena dibakar sengaja oleh orang tidak bertanggung jawab.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar