Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

141 Siswa Bintara Polri Panda Polda Kalsel Jalani Pendidikan Di SPN Banjarbaru

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 07 Agustus 2018

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Rachmat Mulyana menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri di SPN Banjarbaru T.A. 2018, Selasa (7/8/2018) pukul 08.30 wita.

Penyematan tanda Siswa, disematkan langsung oleh Inspektur Upacara Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana kepada perwakilan peserta didik, disaksikan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Nasri, SIK., MH., Irwasda Polda Kalsel beserta Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana yang diwakili Wakil Ketua Bhayangkari Ny. Lina Nasri beserta Pengurus Bhayangkari Kalsel, KA SPN Polda Kalsel beserta Tenaga Pendidik, para Kapolres/Ta Jajaran Polda Kalsel beserta Ketua Bhayangkari Cabang, para Orangtua Calon Siswa Bintara Polri, serta tamu undangan lainnya.
Sebelum membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana lebih dulu mengucapkan selamat atas keberhasilan siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi, dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Diktuk Bintara Polri T.A. 2018/2019, yang akan menempuh pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN).

“Lembaga pendidikan Polri ini adalah tempat saudara di didik, di tempa dan di latih guna menjadi insan Tribrata yang profesional, modern, dan terpercaya (Promoter),” kata Kapolda Kalsel.
Untuk itu dirinya mengatakan maknai anugerah dan karunia Tuhan yang Maha Kuasa dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga.

Kapolda Kalsel mengatakan perkembangan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.
Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh SDM Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana menyebut, salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang dilaksanakan saat ini selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan ke depan.
“Saudara akan mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di Sepolwan, Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas serta pada 31 SPN Polda Jajaran,” ujar Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.

Khususnya pada tahun 2018 ini, Polri menerima 8.400 peserta didik, terdiri atas 8.000 orang pria dan 400 orang wanita. Dari jumlah tersebut, Polda Kalsel pada hari ini melantik 141 Calon Siswa terdiri dari 136 orang Golongan Polisi Tugas Umum (PTU) dan 5 orang Polisi Khusus.

Lebih lanjut Kapolda Kalsel menuturkan, Bintara Polri menjadi salah satu etalase institusi Polri, selain karena jumlahnya yang mencapai 353.793 orang (79%) dari seluruh personel Polri yang berjumlah 448.083 orang, juga senantiasa bertugas di lapis terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
“Ingat selalu pesan Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo bahwa “Polisi bukan sekedar Profesi, tapi juga sebuah jalan untuk mengabdi,” tutur Kapolda Kalsel.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan merupakan tahapan penting yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan upaya pembinaan personel. Melalui optimalisasi seluruh komponen pendidikan, disertai desain kurikulum berbasis kompetensi diharapkan dapat tercipta personel Polri yang berkualitas.

“Oleh karena itu, peran Lemdiklat Polri sangat signifikan dalam menyusun program pendidikan yang tepat guna, terlebih pada penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang akan dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar