Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

STIK-PTIK Gandeng Universitas Se Kalimantan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM Polri

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 26 Juli 2018

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) menggelar penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Universitas dan Polda se-wilayah Kalimantan di Meeting Room Venus Hotel Gondeln Tulip Banjarmasin, Kamis (26/7/2018) pukul 10.00 wita. Digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas akademik calon mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) yang sedang bertugas di kewilayahan serta anggota Polri pada umumnya.
Perjanjian kerjasama ini dihadiri Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Ketua STIK-PTIK Lemdiklat Polri Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Nasri, SIK., MH., Wakil Ketua Bidang Kermadianmas STIK-PTIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Yudawan R, S.H., M.H., Kalemdalugri Bid Kermadianmas STIK-PTIK Lemdiklat Polri Kombes Pol M. Arief Amdhani, S.I.K., Kalemdianmas Bidang Kermadianmas STIK-PTIK Lemdiklat Polri Kombes Pol Drs. Setija Junianta, S.H., M.Hum., para Pejabat Utama Polda Kalsel, Karo SDM Polda wilayah Kalimantan yakni Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kaltim, dan Polda Kalbar, para Rektor Universitas se wilayah Kalimantan/ yang mewakili diantaranya Universitas Tanjung Pura, Universitas Palangkara, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman.
Ketua STIK-PTIK Lemdiklat Polri Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Polri khususnya pada bidang pendidikan, STIK-PTIK menjalin kerjasama dibidang akademik dengan universitas-universitas yang berada di wilayah hukum Polda dimana calon mahasiswa STIK-PTIK berdinas. Hal ini dimaksudkan untuk mengawali dalam mengisi ilmu pengetahuan bagi personel Polri khususnya yang akan dididik menjadi mahasiswa STIK-PTIK.
“Perjanjian kerjasama ini merupakan implementasi dari MoU yang sudah dilakukan terdahulu baik dengan SSDM Polri maupun dengan Lemdiklat Polri. Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini,” ucap Ketua STIK-PTIK Lemdiklat Polri.

Dijelaskan, selain untuk meningkatkan kualitas akademik calon mahasiswa Sekolah STIK-PTIK yang sedang bertugas di kewilayahan, kegiatan ini juga digelar untuk meningkatkan kualitas akademik bagi calon mahasiswa STIK-PTIK dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah sosial, yang berkaitan dengan fungsi dan kelembagaan kepolisian sesuai dengan karakteristik daerahnya, serta penguatan pemahaman calon mahasiswa STIK-PTIK yang berkaitan dengan dasar-dasar ilmu administrasi atau manajemen, ilmu sosial, ilmu hukum, dan ilmu-ilmu pendukung lain.
“Dengan adanya kerjasama ini maka diharapkan dapat mempererat dan meningkatkan komunikasi intensif dalam hal pendidikan, yang pada giliriannya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bersama. Namun, hal ini tidak mengesampingkan komunikasi yang sudah terbangun dalam kerjasama dengan fungsi kepolisian lainnya,” ujarnya.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana menyampaikan perkembangan globalisasi dan demokrasi saat ini dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan informasi serta teknologi. Setiap anggota Polri dituntut lebih profesional dibidangnya agar mampu menjadi problem solving sehingga dapat meningkatkan citra Polri di mata masyarakat.
Untuk itu, Polda Kalsel telah melakukan berbagai inovasi dalam mewujudkan Polri yang Promoter, yaitu melaksanakan transformasi dibidang pengawasan dan pengendalian dengan membangun Command Center dan Pelayanan berbasis IT. Bahkan Polda Kalsel sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat dibidang penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan kelembagaan.

“Hal ini sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas SDM demi mewujudkan kinerja Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya,” kata Kapolda Kalsel.
Jenderal bintang dua di pundak ini menegaskan, saat ini anggota Polri dituntut harus memiliki kompetensi baik dibidang knowledge, skill and attitude. Dengan kompetensi ini, anggota Polri diharapkan dapat menjawab setiap tantangan tugas maupun harapan masyarakat untuk menjamin stabilitas keamanan secara profesional, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini. Hal ini merupakan implementasi dari penerapan program Promoter yang keempat yaitu peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, anggota Polri dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja serta intelektualitas maupun kapabilitas sebagai calon pemimpin masa depan,” imbuh Kapolda Kalsel.
Lebih lanjut Kapolda Kalsel menjelaskan bahwa keberhasilan dalam suatu organisasi tidak terlepas dari faktor pendukung seperti profesional sumber daya manusia dan sumber daya lainnya atau biasa disebut dengan istilah “5M” yaitu :
  1. MAN, merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi;
  2. MACHINES, digunakan untuk memberi kemudahan dan menciptakan efesiensi kerja;
  3. MONEY, merupakan alat (Tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional;
  4. METHOD, suatu tata ara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan;
  5. MATERIALS, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/ materi-materi sebagai salah satu sarana.

“Besar harapan Polri kepada segenap lembaga pendidikan dalam berperan serta memajukan sumber daya manusia Polri, pada setiap tingkat kepangkatan maupun pendidikan,” tutup Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar