Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Kapolda Kalsel Pimpin Tradisi Pencucian Pataka

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 02 Juli 2018

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar acara pencucian Pataka saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Bhayangkara di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Senin (2/7/2018) pukul 08.00 wita.

Pencucian ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana dan dihadiri Wakapolda Kalimantan Selatan Kombes Pol Nasri., S.I.K., M.H., para Pejabat Utama Polda kalsel dan para Purnawirawan Polri.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Polri yang diikuti oleh peserta upacara. Dilanjutkan dengan masuknya Pasukan Pembawa Panji Panji Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tribrata.

Kemudian dilakukan Pencucian Panji Panji Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dilakukan secara khidmat oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Pencucian ini dilakukan untuk mensucikan nilai luhur Tribrata sebagai pedoman hidup Polri. Sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pencucian Pataka Tribrata ini, juga memiliki makna mengajak kembali anggota Polri kepada jati diri Polri yang suci dan murni sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

Kapolda Kalimantan Selatan mengatakan, pencucian Pataka merupakan tradisi Polri yang diselenggarakan Polda setiap tahunnya untuk memperingati Hari Bhayangkara.
"Pencucian Pataka ini merupakan simbol yang mengingatkan bahwa kita disini ada organisasi dan lembaga yang mana tempat kita bekerja, mencari makan, berkreasi dan mendapat kehidupan. Jadi kita harus menjaga organisasi ini," ujar Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.

Kapolda Kalimantan Selatan juga mengatakan, dengan adanya pencucian Pataka untuk mengingatkan pihak kepolisian bahwa memiliki sebuah organisasi yang harus dijaga. Serta memperingati adanya Hari Bhayangkara.
Dalam kesempatan yang sama Brigjen. Pol. (Purn.) H. Damianus Jackie yang hadir memberikan Ceramah Mulia Nilai Nilai Luhur Tribrata, sebelum ditutup dengan menyanyikan lagu Hyme Polri dan Do’a.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar