Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polda Kalsel Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Upacara Bendera

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 31 Mei 2018

Memperingati Hari lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2018, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin langsung jalanya upacara di Markas Komando Polda Kalimantan Selatan dan di ikuti oleh Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, para Pejabat Utama Polda Kalsel, para Kapolres/ta, Perwira, Brigadir, Tamtama dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Polda Kalsel, Jumat (1/6/2018).
Pada kesempatan itu, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, “Puji  syukur kepada  Tuhan Yang  Maha  Esa  pada  pagi hari ini kita dapat berkumpul menyelenggarakan  Upacara Peringatan  Hari  Lahir Pancasila guna mengingatkan bahwa Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika.
Lebih lanjut, juga disampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Di akhir sambutan, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana mengajak para Ulama dan Tokoh Agama, para Guru dan Ustadz, para Politisi dan jajaran aparat Pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju Negara Maju dan Jaya.
Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber-Bhineka Tunggal Ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selamat hari lahir Pancasila. Kita bersatu, Kita berbagi, Kita berprestasi,” ucap Kapolda Kalsel.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar