Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polres Banjar Canangkan Menjadi Polres Ramah Anak Pertama Di Indonesia

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 April 2018


Kepolisian Resort Banjar (Polres Banjar) mempunyai terobosan inovasi non Informasi Teknologi (IT) bernama Kami Bina Anak Menjadi Pintar (Kabinaktar). Program yang dijalankan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) ini sudah berjalan satu satu di bawah binaan Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H.

Kegiatan Kabinaktar diawali dengan menumbuhkan minat baca melalui pustaka ceriah pojok di lapangan tuang terbuka hijau (RTH) CBS Martapura. “Awalnya kegiatan olahraga tapi sepi. Akhirnya kami punya inisiatif membuka pustaka ceriah hingga akhirnya berkembang menjadi banyak pengunjung,” ujar Kasat Binmas Polres Banjar AKP Amalia Afifi, S.H., Kamis (19/4/2018).

Berawal dari minat baca akhirnya kegiatan apapun yang berkaitan dengan anak-anak dipusatkan ke Mapolres Banjar. Misalnya, kegiatan lalu lintas, baris berbaris, Saka Bhayangkara termasuk Marching Band. Sejak saat itu, Mapolres Banjar selalu ramai dikunjungi anak anak hingga suatu ketika muncul ide Polres Ramah Anak.
“Ternyata di Indonesia belum ada terobosan soal Polres Ramah Anak. Akhirnya kami mengajak Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dan mereka mau,” ungkap Kasat Binmas Polres Banjar.

Menurut Kasat Binmas Polres Banjar, karena ide dan gagasannya bagus Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. kemudian mencanangkan Polres Banjar menjadi Polres Ramah Anak pertama di Indonesia.  Selain di Polres, dua lokasi lainnya yang menjadi sentral kegiatan anak-anak ada di Polsek. “Awalnya anak binaan kami 70 orang kemudian berkembang menjadi 350 orang sampai sekarang,” terang Kasat Binmas Polres Banjar.

Polres Banjar juga mengadakan ragam lomba dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kegiatan bertajuk “Kabinaktar Kartinian 2018, Polres Ramah Anak” berlangsung di Mapolres Banjar dan dibuka oleh Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. Kegiatan yang diikuti anak-anak binaan Polres Banjar ini berlangsung meriah.

Ragam lomba diadakan, di antaranya fashion show, lomba adzan, lomba bakiak, pawai, lomba makan kerupuk, lomba tahfidz surah pendek dan lomba berdoa. Ratusan anak penuh kegembiraan mengikuti kegiatan tersebut. (Polres Banjar)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar