Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Jelang Kenaikan Tipe A, Menpan RB dan Asrena Kapolri Kunjungi Polda Kalsel

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 April 2018


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si. beserta Tim dan Asrena Kapolri Irjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. melakukan kunjungan ke Mapolda Kalimantan Selatan, Senin (23/4/2018).

Kunjungan Menpan RB dan Tim serta Asrena Kapolri ke Mapolda Kalsel disambut Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, M.Si., beserta seluruh Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Kalsel.

Dalam kunjungan ini, Menpan RB menyampaikan bahwa selama 6 (enam) bulan pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap 4 (empat) Polda di Indonesia diantaranya Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Jambi, dan Polda NTB.
Evaluasi yang dilihat, tutur Menpan RB yakni berupa Kinerja, Pelayanan Publik, dan Inovasi-inovasi, karena hal itu dapat berpengaruh terhadap Tipologi Polda itu sendiri.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Tipologi Polda Kalsel masih Tipe B yang masih dipimpin oleh Kapolda bintang satu atau Kapolda berpangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), nanti bila naik ke Tipe A maka akan menjadi Kapolda bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Namun bukan itu yang menjadi sasaran dalam kenaikan Tipe melainkan hal-hal yang terkait beban kerja, kemampuan Polda dalam menyelesaikan beban kerja tersebut, inovasi-inovasi dan pelayanan publiknya. Kemudian sistem yang selalu dimotori yakni Pemerintahan yang berbasis eletronik/sistem IT yang merupakan salah satu penilaian dari Menpan RB.
Dan pada kesempatan ini pihaknya telah melihat secara langsung inovasi-inovasi yang dimiliki Polda Kalsel diantaranya Ditlantas Polda Kalsel melalui Pelayanan SIM, Simulator, dan Sistem Tes, Dit Reskrimsus Polda Kalsel (Bekantan Command Center), Dit Polair Polda Kalsel (Sipolair), dan Bidang TI Polri Polda Kalsel (Aplikasi Sasirangan).

Selain itu ada juga inovasi-inovasi lainnya seperti SKCK dengan sistem terintegrasi antara satu Kabupaten dengan Kabupaten lainnya yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, sehingga bila dimanapun masyarakat berada tidak perlu kembali ke tempat asalnya hanya untuk membuat surat kelakukan baik (SKCK).

Menanggapi tentang peluang Polda Kalsel menjadi Tipologi Tipe A, Menpan RB mengatakan layak tidaknya itu dalam penilaian terakhir pihaknya, namun hal itu akan disampaikan dalam waktu dekat.
Dengan Tipologi ini Menpan RB menuturkan bahwa nantinya kekuatan personilnya akan semakin besar, fasilitas nantinya juga akan lebih berkembang tidak seperti sekarang ini, namun pihaknya juga berharap agar lebih banyak lagi inovasi-inovasi dari Polda, serta yang paling utama yakni pelayanan publik dengan perbaikan yang signifikan sehigga pelayanan kepada masyarakat tidak dengan cara tradisional lagi melainkan dengan cara modern (IT, Senyuman, dan Keramah tamahan).

Pada kesempatan yang sama Asrena Kapolri Irjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. dalam kesempatan ini mengatakan sementara ini pihaknya berusaha untuk mendorong, mensupport, dan memberikan asistensi kepada Polda untuk bisa terus meningkatkan kinerjanya, sehingga masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan oleh Menpan RB.

“Selama ini dari Menpan RB, seluruh Deputi dan Staf nya sangat mendukung bagaimana agar kinerja ini terus meningkat, jadi tujuannya bukan untuk menaikan pangkat dari bintang satu menjadi bintang dua melainkan bagaimana meningkatkan kinerja dan meningkatkan layanan yang menjadi harapan dari masyarakat,” tutur Asrena Kapolri.
Lebih lanjut Asrena Kapolri mengungkapkan bahwa layanan publik adalah hal yang harus disempurnakan guna menjadi lebih baik, dan cara memelihara keamanan, serta menegakkan hukum yang berkeadilan, dengan demikian Polda dapat dirasakan betul layanannya yang baik, profesional dan memberikan manfaat buat masyarakat di wilayah hukum Polda Kalsel ini.

Secara umum penilaian dari Asrena Kapolri mengenai Polda Kalsel baik dari administrasi, layanannya maupun inovasinya, dari usulan kenaikan ini perubahan Tipologi itu tidak selalu naik melainkan bisa naik dan bisa turun sehingga itu sangat mempengaruhi, jadi perlu semangat yang kuat dari Kapolda dan jajarannya.
Sementara itu Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dan sangat berterimakasih karena Polda Kalsel menjadi Polda yang pertama dikunjungi oleh Menpan RB, tentunya dengan harapan usulan peningkatan dari Tipe B ke Tipe A dapat segera terwujud.

“Sudah banyak yang kita telah dilakukan seperti inovasi, mudah-mudahan merupakan suatu kriteria penilaian dari Menpan RB, ya semoga saja masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan Menpan RB,” harap Kapolda Kalsel dengan nada yang optimis.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar