Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Satlantas Polres Tanah Laut Bersama Komunitas RC 113 Peduli Keselamatan Dengan Penanganan TPTKP Lakalantas

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 Maret 2018

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan yang dipimpin Dirlantas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol E.Zulpan, SIK., M.Si. melalui Satlantas Polres Tanah Laut yang di pimpin AKP Lalu Ryan Aditya, S.IK. melaksanakan kegiatan latihan teknis olah TPTKP laka lantas, Rabu (22/3/2018) pukul 09.00 Wita bertempat di Polres Tanah Laut.

Relawan yang tergabung dalam Respon Cepat (RC) 113 Kabupaten Tanah Laut beranggotakan 90 personel tersebut tersebar di beberapa Kecamatan terkadang lebih dulu mengetahui jika ada terjadi berbagai macam peristiwa, salah satunya saat ada kejadian laka lantas.
Akan tetapi dalam penanganan sebuah kecelakaan lalu lintas sudah jelas ada batasan-batasan yang dikerjakan karena ada pihak berwajib yang lebih berwenang melakukan penanganan lebih lanjut, oleh sebab itu Satlantas Polres Tanah Laut mengundang para Komunitas Peduli Keselamatan “Respon Cepat 113” Kabupaten Tanah Laut untuk diberikan latihan teknis Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan Lalu lintas terhadap korban yang masih hidup maupun yang meninggal, dengan bagaimana penanganan sementara saat terjadi kecelakaan di TKP atau tindakan apa yang dilakukan di TKP agar tidak terkesan melebihi kewenangan anggota Polri dalam menangani sebuah kecelakaan.

Kanit Laka Satlantas Polres Tanah Laut Ipda Sulkani memberikan latihan teknis teori dilanjutkan dengan latihan teknis di lapangan tentang penanganan korban kecelakaan baik itu kondisi korban mengalami patah tulang, teknik mengangkat korban dan mengamankan TKP serta mengamankan barang bukti.
Dirlantas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol E.Zulpan, SIK., M.Si. diwakili Kasat Lantas Polres Tanah Laut AKP Lalu Ryan Aditya, S.IK. mengatakan, pelatihan tentang Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kepada Konunitas RC 113 diharapkan dapat membantu petugas yang memang terbatas personelnya, terlebih panjang jalan di Kabupaten Tanah Laut ini kurang lebih 200 Km, maka tidak mungkin jika semata-mata mengandalkan petugas lewat namun relawanlah menjadi mitra Satlantas.

Diakhir kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar Anti Hoax di Medsos oleh RC 113 Kabupaten Tanah Laut. (Polres Tala)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar