Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Problem Solving Polres HST Damaikan Warga Desa dan Tiga Remaja

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 23 Maret 2018

Sesuai dengan arahan dari Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. bahwa Bhabinkamtibmas Polres HST wajib untuk melakukan tindakan penyelesaian masalah (problem solving) warga binaannya.

“Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan,” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Tidak hanya Bhabinkamtibmas namun para petugas Kepolisian lainnya dapat melakukan problem solving, seperti yang dilakukan oleh Kanit Reskrim Polsek Labuan Amas Utara Bripka Ibrachim yang melakukan mediasi terhadap tiga orang remaja Kabupaten Hulu Sungai Utara yang ditangkap warga karena diduga akan melakukan tindak pidana pencurian, Kamis (18/3/2018) pukul 18.00 wita.

Diketahui ketiga remaja tersebut bernama M. Ilmi (19) dan Ahmad Yurdianor (19) warga Desa Sungai Tabukan Rt.04 / Rw.01 Kecamatan Sungai tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara serta Ahmad Riduan (15) warga Desa Gelagah Hulu Rt.01 Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Ketiga remaja tersebut ditangkap warga Desa Sungai Buluh Rt.01 / Rw.01 Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah karena mempunyai gerak-gerik yang mencurigakan dan diduga warga sekitar bahwa ketiganya akan melakukan tindak pidana pencurian. Terlebih lagi ketiganya merupakan warga kabupaten sebelah dan sudah lewat tengah malam masih berkeliaran dikampung tersebut. Kemudian ketiganya ditangkap oleh warga dan diserahkan ke Polsek Labuan Amas Utara.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Kanit Reksrim Polsek Labuan Amas Utara memberikan pendekatan kepada warga dan ketiga remaja tersebut. Dengan disaksikan oleh kepala desa dan keluarga dari remaja tersebut, maka permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kedua belah pihak telah bersepakat untuk berdamai dan telah menandatangani surat perjanjian perdamaian yang disaksikan oleh keluarga dan Kepala Desa,” lanjut Kapolres HST.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. mengapresiasi kegiatan para anggotanya dalam memecahkan permasalahan yang ada di wilayahnya masing – masing.

“Pelaku sudah berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan tertulis dalam surat kedua belah pihak, jadi permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan untuk mengantisipasi permasalahan yang lainnya,” ungkap Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. (Polres HST)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar