Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

HUT Yayasan Kemala Bhayangkari Ke-38 Polda Kalsel Cetak Generasi Muda Anti Radikal, Bijak Bersosial Media dan Bebas Narkoba

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 07 Maret 2018

Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan (YKB Kalsel) memberikan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika kepada para pelajar di Kota Banjarmasin dengan tujuan membekali mereka untuk bisa menghindar dari penyalahgunaan narkotika.

"Ini merupakan salah satu usaha untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya narkoba," kata Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana saat Peringatan HUT ke-38 Yayasan Kemala Bhayangkari yang mengusung tema “Bhayangkari Berperan Mencetak Generasi Muda Yang Anti Radikal, Bijak Di Sosial Media Dan Bebas Narkoba”, Rabu (7/3/2018) bertempat di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalimantan Selatan. 
Kegiatan yang dihadiri oleh Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan ini, Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana mengatakan dengan sosialisasi bahaya narkoba tersebut setiap peserta akan memiliki bekal dan pengetahun tentang narkoba dan pengaruh yang didapatkan ketika mengonsumsi barang tersebut.

"Pencegahan ini harus dilakukan sedari dini agar timbul pemahaman bahwa narkoba merupakan sesuatu yang berbahaya dan akan merusak masa depan mereka nantinya, sebab selain berdampak terhadap kesehatan tindakan tersebut juga berdampak secara hukum," kata Ketua YKB Kalsel.
Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana menyebutkan sosialisasi ini diberikan terhadap para Kepala Sekolah/Guru dan para siswa siswi dari Sekolah Menegah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Banjarmasin. Dengan tujuan mereka semua berperan dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Selain itu Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana menekankan pentingnya peran orangtua dalam mencegah seorang anak untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Setiap orangtua harus melihat gelagat anak-anak mereka dan dengan siapa mereka bergaul.
"Apabila terjadi penurunan semangat atau gairah anak dalam bersekolah silahkan diperiksa ke dokter untuk mendapatkan hasil medis apakah anak kita menggunakan narkotika atau tidak," kata Ketua YKB Kalsel.

Menurutnya peran aktif dari orangtua tentunya sangat dibutuhkan dalam mengawasi setiap anak mereka. Apabila seluruh orangtua berperan aktif tentu narkoba tidak akan bisa memasuki kehidupan anak mereka.

"Ini nanti yang menjadi harapan kita, peran serta seluruh elemen mayarakat mulai dari bagian yang terkecil yaitu keluarga untuk menjauhi narkoba," kata Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana.
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut pihaknya menggandeng Direktorat Reserse Narkoba Dit Resnarkoba) Polda Kalsel dan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel untuk memberikan materi. Adapun narasumber dari Dit Resnarkoba Polda Kalsel yakni Penyidik Madya 3 AKBP Nurmawati sedangkan dari Biro SDM Polda Kalsel Kabag Psikologi AKBP Novian Susilo, S.Psi., dengan Pemaparan tentang Psikologi serta Bijak di Sosial Media, dan terakhir pemaparan dari Kanit 3 Subdit 4 Dit Intelkam Polda Kalsel Kompol I Wayan Suardiyasa.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kami dalam memperingati HUT ke-38 Yayasan Kemala Bhayangkari," kata Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana.

Sementara Penyidik Madya 3 Dit Resnarkoba Polda Kalsel AKBP Nurmawati mengatakan pihaknya memberikan materi terkait bahaya narkoba secara menarik kepada setiap siswa siswi agar menjadi bekal yang mereka pegang dalam menjalani pergaulan nantinya.
Selain itu, pihaknya juga menggambarkan dampak buruk narkoba bagi kehidupan seperti merusak kesehatan dan membuat lemah kondisi perekonomian dan merusak kehidupan penggunanya.

"Kami juga perlihatkan sanksi hukum yang akan diterima oleh pelaku penyalahgunaan narkotika," ujar AKBP Nurmawati.

Terkait banyaknya pemberitaan bohong di sosial media, Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalsel AKBP Novian Susilo, S.Psi., memaparkan agar para Generasi Muda khususnya untuk lebih bijak menanggapi hal tersebut dengan lebih dulu mencari tahu kebenaran berita tersebut sehingga tidak terpengaruh terlebih yang dapat memecah belah bangsa dan Negara.
Sebab semua warga masyarakat khususnya para Generasi Muda harus bersatu memerangi Paham Radikalisme dan Anti Pancasila, guna menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI.

Dengan sosialisasi ini diharapkan tidak terjadi lagi peredaran narkoba di kalangan pelajar dan bawah umur. Namun untuk merealisasikan hal tersebut harus dilakukan secara bersama dan bertahap.

"Mulai dari keluarga, guru, lurah, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama harus terlibat aktif memerangi narkoba di lingkungan mereka, jika ada yang mencurigakan silahkan lapor kepada pihak kepolisian," tegas Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana.

Diakhir kegiatan ini Ketua YKB Kalsel Ny. Hj. Ati Rachmat Mulyana menyerahkan hadiah kepada pelajar yang mampu menjawab pertanyaan.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar