Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Polda Kalsel Launching Program RTMC

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 01 Februari 2018

Melalui program Regional Traffic Management Center (RTMC) yang digagas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) diyakini akan mampu menekan angka pelanggaran lalu lintas, kecelakaan dan aksi kejahatan di jalanan. Menurut Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana Ditlantas Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini telah memiliki peralatan yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya bahkan pelaksanaan video conference (vicon) dengan Polres jajaran bisa dilakukan di RTMC Polda Kalsel.

"Sistemnya sama dengan yang lainnya. Tapi ini termasuk lebih canggih dari pada sebelumnya. Karena sudah dimodifikasi dan diprof dari segi kriminalitas dan aplikasinya juga dimanfatkan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas," kata orang nomor satu di Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) saat peresmian RTMC Polda Kalsel di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Kamis (1/2/2018).
Program Regional Traffic Management Center (RTMC) yang digagas Ditlantas Polda Kalsel di-launching. Program pelayanan prima kepada masyarakat sebagai fungsi pusat Komando Koordinasi Komunikasi dan Informasi (K3I) ini diresmikan oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Dir Lantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan S.I.K., M.Si., Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB RI Prof. DR. Diah Natalisa, M.B.A., dan Gubenur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Selain itu dalam Grand Launching RTMC Polda Kalsel ini juga dihadiri Wakapolda Kalsel, para Pejabat Utama Polda Kalsel, KA BIN Kalsel, KA BNN Kalsel, Danrem 101 Antasari, Danlanal, Danlanud, Unsur Forkopimda Kalsel, Kapolres Jajaran, dan Unsur Forkopimda Kabupaten/Kota.
Acara yang diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana Grand Launching RTMC Polda Kalsel dalam hal ini Dir Lantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menambah pemasangan unit Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di 80 titik pemantauan lalu lintas se-wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan.

Peletakan unit CCTV untuk memudahkan kerja Polisi lalu lintas dalam memantau pergerakan arus kendaraan. "Dari 80 titik pemantauan, di antaranya dibagi 24 titik di Kota Banjarmasin, 7 titik di Kota Banjarbaru, dan 8 titik di Kabupaten Banjar," ucap Dir Lantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan S.I.K., M.Si.
Sementara itu Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana menyampaikan bahwa titik pemantauan lalu lintas di Provinsi Kalsel mengalami lonjakan sebanyak 14 titik dari tahun 2017 lalu yang sebelumnya ada 66 titik. Pemasangan CCTV tersebar di jalan-jalan utama pengendar yang kerap terjadi kepadatan kendaraan, rawan tindak kekerasan, dan rawan kecelakaan.

"Selain memantau lalu lintas jalan RTMC juga secara aktif mengawasi dan menegur pengendara yang melanggar aturan seperti parkir di sembarang tempat hingga yang melewati zebra cross ketika menunggu di depan lampu lalu lintas," tegas Kapolda Kalsel.
Dalam Grand Launching RTMC, Polda Kalimantan Selatan juga menggandeng Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk membantu pemasangan tambahan layanan unit-unit CCTV lalu lintas. Ada juga beberapa penambahan aplikasi baru, seperti traffic announcer, live report, dan video conference.

Kapolda Kalsel menuturkan fasilitas ini membuat semua kegiatan jajaran Kepolisisan daerah Kalsel lebih cepat dan efisien dalam bekerja. "Jadi kalau ada arahan dari pimpinan bisa langsung melakukan teleconference ke semua Polres se-Kalimantan Selatan," ucap Kapolda Kalsel.
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengharapkan pelaksanaan RTMC bisa mendukung upaya percepatan pembangunan di Kalsel. Sejak diresmikan pada 2016 lalu keberadaan RTMC Polda Kalimantan Selatan diakui sangat membantu Dinas Perhubungan Kalsel untuk melakukan pemantauan kondisi jalan-jalan di provinsi Kalsel.

Usai me-Launching RTMC Polda Kalsel, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Dir Lantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan S.I.K., M.Si., Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB RI Prof. DR. Diah Natalisa, M.B.A., Gubenur Kalsel H. Sahbirin Noor, Wakapolda Kalsel, para Pejabat Utama Polda Kalsel, KA BIN Kalsel, KA BNN Kalsel, Danrem 101 Antasari, Danlanal, Danlanud, Unsur Forkopimda Kalsel, Kapolres Jajaran, dan Unsur Forkopimda Kabupaten/Kota berkesempatan meninjau Gedung RTMC Polda Kalsel.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar