Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Jelang Natal dan Tahun Baru Kapolda Kalsel Operasi Pasar

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 14 Desember 2017

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana melakukan operasi pasar di tiga pasar tradisional di Kota Banjarmasin dalam rangka menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Jumat (15/12/2017).

Ketiga pasar tradisional itu adalah Pasar Sentral Antasari, Pasar Beras Teluk Kelayan, dan Pasar Lima Banjarmasin.

Dalam operasi pasar/sidak pangan/bahan pokok kali ini turut diikuti Dir Reskrimsus Polda Kalsel Kombers Pol Rizal Irawan, SIK, MH., Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Tata Suwarta, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana, SIK, MAP. Kadis Perdagangan, Kadis Pertanian dan Holtikultura, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pasar, Kadis Perindustrian dan Bulog.
Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana mengatakan operasi pasar sengaja difokuskan di pasar tradisional di Kota Banjarmasin, karena kenaikan harga kebutuhan pokok biasanya terjadi di lokasi perdagangan tersebut.

 “Kami melakukan intervensi agar tidak terjadi gejolak kebutuhan pokok harga menjelang Natal dan tahun baru,” kata Kapolda Kalsel.

Meskipun demikian, mantan Karo Dalpers SSDM Polri ini juga mengklaim bahwa harga kebutuhan pokok masih relatif stabil. Begitu juga dengan arus pasokan dari dalam dan luar daerah. “Secara umum harga kebutuhan pokok relatif normal, jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018,” ujar Kapolda Kalsel.

Kapolda Kalsel juga mengklaim bahwa ketersediaan beberapa jenis kebutuhan pokok relatif mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hingga tahun 2018.

Misalnya, stok Beras, Minyak goreng, Gula pasir, Bawang putih, Bawang merah dan kebutuhan pokok lainnya.

“Kami berharap dengan ketersediaan kebutuhan pokok yang mencukupi akan mampu menjaga kestabilan harga menjelang Natal 2017 dan Tahun baru 2018,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol DRs. Rachmat Mulyana.
Sidak pasar Kapolda Kalsel ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat khususnya para pedagang hal tersebut terbukti dengan senangnya seluruh warga bahwa tahun ini sejak Lebaran sampai sekarang harga kebutuhan pokok relatif stabil, ketersedian bahan pokok cukup untuk 3-7 bulan kedepan (tergantung jenis komoditas) bahkan ada beberapa komoditas dibawah HET/Harga Acuan.

Kunjungan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana ke pasar tradisional yang pertama kali ini mendapat apresiasi dari pedagang dan masyarakat yang mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Satgas Pangan karena sejak lebaran hingga sekarang harga stabil. 

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalsel membagikan Maklumat Kapolda terkait “Larangan Menimbun dan Memperdagangkan Bahan Pokok Diatas HET/Harga Acuan” serta pemasangan Giant Banner/Spanduk Maklumat Kapolda Kalsel tersebut di pasar-pasar di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar