Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Perpustakaan Air Polres Banjar Bentuk Kepedulian Bhabinkamtibmas Dalam Mencerdaskan Bangsa

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 17 November 2017

Kepala Kepolisian Resort Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. setiap saat memberikan arahan kepada seluruh anggota Polres Banjar untuk selalu melaksanakan tugas dengan ikhlas sebagaimana tersurat dalam pesan moral Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Polisi Drs. Rachmat Mulyana.
 
"Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, layani masyarakat tanpa pamrih dengan hati penuh rasa ikhlas tanpa mengharapkan pujian dari masyarakat," pesan Nette Boy sapaan akrab Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. kepada personelnya disetiap kesempatan.

Hal itulah yang membuat anggota Bhabinkamtibmas Polsek Martapura Barat memaksimalkan fikiran dan tenaganya untuk selalu berinovasi guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sebelumnya, Bhabinkamtibmas Polsek Martapura Barat Bripka Dedy Handayadi, atas arahan dari Kapolsek Martapura Barat Iptu Wahyudi, telah berhasil membentuk kelompok tani yang diberi nama Poktan Samuak Saliur Martapura Barat. Kelompok tani ini beranggotakan sekitar 70 orang, yang kini sudah mulai mengolah lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta meminimalisir terjadinya Karhutla.

Kali ini, Bhabinkamtibmas Polsek Martapura Barat lainnya, Bripka Bagus mencoba berinovasi dengan membuat perpustakaan air keliling, yang bertujuan untuk membantu mencerdaskan bangsa dengan menyediakan buku bacaan kepada warga melalui alat transportasi sungai.

“Jadi ada beberapa perahu yang sengaja kita jadikan perpustakaan air keliling, dengan maksud agar dapat mengusir penat para penumpang perahu yang punya hobi membaca,” kata Bripka Bagus.
Perahu atau yang disebut masyarakat sekitar kelotok merupakan salah satu alat transportasi utama di Kabupaten Banjar. Wilayahnya yang luas dikelilingi sungai, membuat perahu menjadi alternatif lain dalam bertransportasi.
Melihat karakteristik wilayah tempatnya bertugas seperti ini, maka dari itu Bripka Bagus menciptakan inovasi perpustakaan air keliling bekerjasama dengan pemilik taksi kelotok.
"Jadi ketika ada penumpang yang menggunakan jasa transportasi air ini, mereka bisa menggunakan waktu luang sebelum sampai ketujuan dengan membaca," jelas Bripka Bagus.
Selain itu, biasanya Bripka Bagus bersama anggota Polsek Martapura Barat sering berkeliling menggunakan perahu yang dijadikan perpustakaan air keliling itu, untuk mengajak masyarakat yang sedang berkumpul di tepian sungai supaya membiasakan membaca guna menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.
“Kami juga sering berkeliling dengan membawa perahu yang kami gunakan sebagai sarana perpustakaan air Polres Banjar keliling ini, untuk menanamkan kebiasaan membaca kepada masyarakat, karena membaca merupaka jendela dunia,” jelas Bripka Bagus.
Bripka Bagus menambahkan, untuk saat ini persediaan buku di perpustakaan air keliling ini belum begitu banyak, untuk itu dirinya sangat mengharapkan peran serta pemerintah Kabupaten Banjar dalam membantu mensukseskan program ini dengan menyumbangkan bantuan berupa buku bacaan untuk menambah koleksi di perpustakaan air keliling.
“Semoga pemerintah Kabupaten Banjar sudi untuk membantu menyediakan buku bacaan, guna menambah koleksi buku di perpustakaan air keliling ini, agar bacaan masyarakat semakin bervariasi, sehingga dapat semakin menambah wawasan serta pengetahuan baru,” pungkas Bripka Bagus. (Polres Banjar)


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar