Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

Dokkes Klinik Polda Kalsel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Tahanan Dit Tahti

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 12 November 2017

Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesehatan para tahanan, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Mapolda Kalsel, Senin (13/11/2017).
 
Satu per satu tahanan. Masing-masing tahanan dilihat kondisi kesehatannya. Hasilnya, dari cek kesehatan terhadap 104 orang tahanan, Dokkes Klinik menemukan sebanyak 24 orang sakit.

Mereka yang sakit diantaranya sakit TBC tahap II dengan dilakukan tindakan pemberian suntikan dan obat serta vitamin, sakit maag, gatal, Flu, sakit gigi, sakit post op curet, dan sakit pinggang. Dokkes Klinik Polda Kalimantan Selatan juga memberikan masker kepada tahanan yang menderita TBC.

Tak hanya memeriksa kesehatan tahanan, petuugas juga melakukan kontroleng ke sel tahanan dengan memeriksa sejumlah sudut ruangan guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan.

Kabid Dokkes Polda Kalsel AKBP dr Erwinn Z Hakim, MARS, MH.Kes, mengatakan, tak hanya pengecekan kesehatan para tahanan, namun pembinaan rohani dan mental (Binrothal) juga tak luput diberikan oleh personel Biddokkes Polda Kalsel kepada para tahanan baik di Dit Tahti Mapolda Kalsel, maupun Polres/ta dan Polsek Jajaran.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” kata Kabid Dokkes Polda Kalimantan Selatan melalui Ketua Tim Ipda Supriadi.

Menurut Ipda Supriadi mewakili Kabid Dokkes Polda Kalimantan Selatan, selama berada di ruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolahraga.

Kabid Dokkes Polda Kalsel AKBP dr Erwinn Z Hakim, MARS, MH.Kes, yang diwakili Ipda Supriadi berharap, agenda ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar