Hotline: 0511-66235/68572, email: bidhumaskalsel@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

TIM HUMAS POLDA KALSEL

Video

Kapolda Kalsel

78 Koselor Jajaran Polda Kalsel Ikuti Pembekalan Peningkatan Konselor

Posted by Bid Humas Polda Kalsel at 01 November 2017

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Pembekalan Konselor bagi Jajaran Polda Kalsel di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Kamis (2/11/2017).

Dalam kegiatan tersebut Karo SDM Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Nanang Chadarusman, S.I.K. M.H. dalam arahannya mengatakan kegiatan ini bertema "Peningkatan Kemampuan Konselor dalam melakukan Trauma Healing".

Karo SDM Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Nanang Chadarusman, S.I.K. M.H. didampingi Kabag Psikologi dan AKBP Dani (Kabag Watpers) mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 2-3 November 2017, oleh Bag Psikologi Biro SDM yang sudah aktif dalam menyelenggarakan kegiatan bimbingan Konseling Bagi yang bermasalah di jajaran Polda Kalsel selama ini.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 78 Konselor pada seluruh Jajaran Polda Kalsel hari ini menghadirkan narasumber Kabag Psi (AKBP Novian Susilo) dan Putut Rantau Bahagia, Psikolog dan Tim (dari Biro Psikologi Anava Solo).
Pembekalan Konselor merupakan implementasi dukungan terhadap program prioritas Kapolri ke empat yaitu "Peningkatan Profesionalisme Anggota Polri" untuk mendukung terwujudnya Polri yang Profesional, Modern dan terpercaya (Promoter).

Pada kesempatan itu Karo SDM Polda Kalsel berpesan kepada Konselor agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik hingga selesai agar bertambah keterampilan dan keahlian para peserta sehingga dapat mengaplikasikannya dengan baik dalam melaksanakan tugas tambahan sebagai Konselor Jajaran Polda Kalsel dengan menerapkan suasana atau kondisi di tempat kerjanya sehingga tidak ada permasalahan.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan konselor dalam proses pencegahan, pemulihan dan rehabilitasi permasalahan psikologis serta untuk pengembangan potensi positif pegawai negeri pada Polri dan keluarga.
Mengapa dilakukan pelatihan?
Permasalahan psikologis dan perilaku yang cenderung meningkat di lingkungan kerja Kepolisian menuntut kesiapan konselor untuk kontribusi memberikan waktu dan ruang dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pegawai negeri pada Polri (anggota Polri dan PNS) serta Konselor bisa memberikan pelayanan dengan berbagai metode terapi yang sesuai.

Sementara itu materi pelatihan ini menyangkut metode terapi psikologi (SEFT, TAT, EMDR dan EMPTHY Chair) serta metode trauma healing lainnya yang efektif dalam pelayanan konseling dan psikoterapi diberbagai situasi dan kondisi, metode trauma healing diberikan bertujuan juga untuk kesiapan konselor bila terjadi bencana alam atau kejadian luar biasa yang berdampak pada banyak korban.


Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

0 komentar:

Posting Komentar